Mataramweb.com | Kebutuhan akan liburan manusia dikategorikan sebagai kebutuhan sekunder, dimana kebutuhan ini akan terjadi setelah kebutuhan primer bisa dijalankan, sebagaimana kami kutip dari wikipedia.org

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang pemenuhannya setelah kebutuhan primer terpenuhi, namun tetap harus dipenuhi, agar kehidupan manusia berjalan dengan baik. Contoh: pariwisata, rekreasi, hiburan.

honeymoon mini

Dan untuk kebutuhan ini dari sekian juta penduduk di dunia 90% membutuhkan rekreasi atau liburan. untuk itu sudah tepat bagi anda jika saat ini membuka jasa tour and travel. dan bagi anda yang saat ini baru menjalankan usaha tour and travel, pada kesempatan ini akan membagi beberapa tips untuk membangun usaha travel anda khusus untuk minim budget. berikut adalah beberapa tipsnya

1. Bukalah sebuah website untuk media prmosi utama anda

Kenapa harus website, yach.. karna itulah salah satu media yang paling murah yang bisa menjangkau seluruh dunia dengan budget atau modal minim. dengan membangun sebuah website anda bisa bisa melakukan promosi secara maksimal, untuk di share ke berbagai sosial media. selain itu juga website identik dengan kantor virtual, yang bisa meyakinkan calon konsumen anda ketimbang anda hanya melakukan share statsu prmosi di berbagai sosial media.

2. Jangan Buka Kantor atau counter terlebih dahulu

Kenapa ? bukankah itu menjanjikan ? yach.. karna dalam postingan ini kami share adalah khsusu untuk anda yang minim budget, jadi untuk membuka kantor atau counter butuh biaya mahal, harga sewa ruko berapa ? lalu siapakah yang akan datang ke kantor anda untuk memesan paket tour ? saya rasa anda bisa urungkan niat anda untuk yang satu ini terlebih dahulu.

3. Maksimalkan Website anda dengan google adwords

Kembali ke point pertama, websitelah satu satunya media yang cukup murah untuk promosi anda dengan sedikit modal yang lebih besar yaitu dengan menggunakan iklan google sebagai investasi modal anda. berapa budget iklan adwords ? berhubung untuk saat ini kami belum menerima jasa iklan adwords karna kendala Kredit Card, jadi anda bisa search di google. budget / bulan sekitar 1 jutaan keatas.

Kenapa harus google adwords ? bagi yang sudah paham silahkan loncat ke tips ke 4. tapi buat yang belum silahkan baca selengkapnya. sepertinya saya harus banyak ulas tentang google adwords, walupun saat ini saya belum buka jasa itu, untuk saat ini saya jelaskan secara umum aja yach. jadi google adwords adalah iklan kata kunci yang disediakan oleh google, dengan memesan beberapa kata kuci atau keyword sesuai dengan apa yang paling banyak dicari untuk jasa tour di lokasi anda. dengan budget 1 jutaan anda bisa dapatkan kunjungan yang POTENSIAL akan pesan paket di website anda. sekitar 30-40 klik atau kunjungan. untuk lebih jelasnya mengenai google adwords akan saya bahas pada postingan selanjutnya.

4. Beli Tiket Nebeng

Jika ada berfikir bahwa account booking tiket harus anda miliki jika menjadi seorang agen travel itu salah, anda bisa nebeng ke temen temen sesama agent travel yang sudah anda kenal.

5. Booking Hotel Nebeng

Sama seperti point 4, karna untuk booking hotel lansung ke pihak hotel untuk mendapatkan harga spesial biasanya anda harus mempunyai bendera atau perusahaan sebeumnya.

6. Perbanyak Trip

Bagi agen travel mengetahui lokasi lokasi wisata adalah hal yang wajib. mungkin sebelumnya lokasi lokasi yang anda akan jual sudah pernah anda kunjungi , akan tetapi kali ini cobalah kembali lagi, perbanyak photo anda pribadi di lokasi tersebut, ibaratnya anda ngetrip ala backpacker. lalu share.. karna jika anda belum mempunyai bendera atau CV. sebaiknya anda meyakinkan konsumen dengan cara memastikan anda suka jalan jalan, anda paham betul tentang lokasi tersebut. dll. yang bisa membuat calon konsumen anda percaya bahwa anda adalah orang yang tepat untuk menemani mereka untuk jalan ke lokasi tersebut.

7. Perbanyak Rekanan

Hal ini sangat penting, selain dari mencari calon konsumen , anda juga harus banyak mencari rekanan atau patner sesama agen travel baik di lokasi anda maupun di luar daerah. karna nanti ini akan sangat bermamfaat.

Demikian beberapa tips untuk membangun usaha travel anda untuk minim budget. semoga bisa bermamfaat, dan khsus untuk poin pertama, jangan lupa booking jasa pembuatan website travelnya di Mataram Web. Terima kasih.