10 Cara Mudah Mengembangkan Bisnis Tour and Travel Yang Terbukti Sukses

Travel concept
Mataram Web | Jasa Pembuatan Website

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisnis tour and travel yang Anda geluti cepat berkembang. Mulai dari promosi lewat sosial media (sosmed) hingga membangun website profesional.

Alasan Mengapa Bisnis Travel Sangat Menarik

Perkembangan pariwisata di Indonesia saat ini cukup menarik. Sehingga membuka peluang bagi kita untuk membuka bisnis tour and travel, pemandu wisata (tour guide), hingga rental/sewa mobil.

Akan tetapi, Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang juga berusaha untuk memanfaatkan peluang ini dengan membuka bisnis biro perjalanan.

Agar bisa bersaing dan agar lebih cepat berkembang, Anda membutuhkan cara atau trik jitu yang dapat menarik minat traveler agar mau menggunakan/menyewa jasa yang Anda tawarkan.

Cara Mengembangkan Bisnis Tour and Travel

Bowman aiming arrow at target

1)     Tentukan target pasar sebelum memulai

Menentukan terlebih dahulu target pasar yang ingin Anda ekspansi akan memudahkan Anda dalam mengatur rencana dan memilih strategi yang tepat untuk bersaing. Misal, Anda dapat menargetkan pelanggan yang berasal dari dalam negeri (Indonesia) khususnya Pulau Jawa atau daerah lainnya di Indonesia yang memiliki potensi pergi berwisata ke tempat di mana Anda membuka bisnis tour and travel.

Tidak hanya wisatawan lokal, Anda juga bisa menargetkan wisatawan asing dari negara tertentu. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan dalam memfokuskan jasa yang Anda tawarkan sehingga langsung mengarah ke target pasar yang Anda inginkan.

Target pasar tidak hanya sekedar wilayah (zona), tapi bisa juga berupa: usia, status sosial, status ekonomi, hingga minat (hobi), atau instansi /komunitas tertentu.

2)    Team work dan networking (kerja sama & jaringan)

Apakah bekerja sendiri bisa membuat Anda berhasil? Tentu saja bisa! Hanya saja, untuk bisa berhasil dengan bekerja sendirian akan memakan waktu yang sangat lama dan membutuhkan tenaga yang tidak sedikit.

Alih-alih bisa bersaing dan berhasil, kemungkinan gagalnya justru lebih besar karena pesaing (yang mengandalkan team work) memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan kekuatan Anda yang hanya sendirian.

Untuk bisa sukses di bidang bisnis apapun, melakukannya secara kolektif dengan membangun tim dan bekerjasama dengan mengembangkan jaringan, adalah cara terbaik untuk mempercepat perkembangan bisnis biro perjalanan.

Oleh sebab itu, cobalah untuk merekrut tenaga profesional atau yang berpengalaman dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Mulai dari tour guide, driver/sopir, buat kerjasama dengan penginapan atau hotel, bangun juga kerja sama dengan tempat penyewaan mobil, dan lain-lain.

3)    Bangun sebuah website profesional yang syarat informasi

Agar calon pelanggan bisa menemukan bisnis Anda, Anda harus punya sebuah wadah yang dapat digunakan untuk memperkenalkan bisnis yang Anda tawarkan.

Dari sekian banyak pilihan, sebuah website profesional adalah yang paling utama dan paling disarankan. Mengapa?

Setidaknya, ada 5 alasan mengapa website merupakan alat atau media promosi terbaik yang bisa Anda manfaatkan untuk menggaet pelanggan, berikut diantaranya.

  1. Menurut penelitian, 93% penyewaan/pengguna jasa bisnis dimulai dari mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing, hingga Yandex. Jadi, apabila Anda ingin bisnis Anda lebih mudah ditemukan, maka membangun sebuah website yang SEO friendly dan terindex di Google adalah langkah tepat
  2. Kepemilikan sebuah website menunjukkan bahwa Anda cukup profesional dan bisa dipercaya
  3. Website akan memudahkan customer untuk mengakses berbagai informasi yang mereka butuhkan. Mulai dari alamat, layanan yang Anda tawarkan, foto atau gambar, video, kontak, hingga data-data lain yang mereka butuhkan
  4. Website merupakan media promosi dengan biaya yang sangat rendah
  5. Web dapat digunakan sebagai media pemasaran secara global

Seperti poin pertama yang telah kami ungkapkan di bagian atas, untuk membangun sebuah website Anda harus memiliki perencanaan yang matang dan target pasar yang jelas sehingga, website tersebut dapat dirancang dan didesain serta diarahkan dengan tepat.

Di luar sana, ada ratusan bahkan ribuan website yang mungkin menawarkan hal yang sama dengan apa yang yang Anda tawarkan. Agar bisa bersaing, Anda perlu menempatkan website di halaman pertama Google Search. Karena mesin pencarian Google merupakan salah satu mesin pencarian yang paling banyak digunakan di dunia.

Mengapa harus di halaman pertama Google?

Menurut penelitian, lebih dari 90 persen orang yang mencari informasi melalui Google hanya membuka halaman pertama. Dan, jarang sekali mereka mau mencari informasi di halaman kedua, ketiga, dan seterusnya.

Itu artinya, Anda harus berusaha menempatkan website di halaman pertama. Bagaimana caranya?

  • Website harus SEO friendly. Artinya, website harus berisi informasi atau konten (artikel) yang relevan, ringan (saat diakses), berisi gambar atau video, mobile friendly, serta berisi keywords yang relevan
  • Harus user friendly. Sebuah website yang mudah untuk dipahami dengan navigasi yang jelas akan memudahkan pengguna dalam mengetahui dimana mereka harus menemukan informasi yang dibutuhkan. Untuk itu, sebuah website harus didesain dan dirancang sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menyewa jasa pembuat website profesional seperti yang kami tawarkan
  • Update content secara teratur. Konten atau artikel yang SEO friendly berfungsi sebagai senjata utama untuk meningkatkan rating di Google Search. Tanpa konten, website Anda tidak akan bisa bersaing di mesin pencarian karena melalui artikel kita bisa memasukkan berbagai informasi. Termasuk, pilihan keywords yang relevan, dapat dikenali oleh Google, dan sering dicari oleh calon customer
  • Harus terkenal. Berbagai website yang Anda lihat di halaman pertama Google, selain menyajikan informasi yang relevan dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan, juga umumnya adalah website yang terkenal. Untuk membuat sebuah website menjadi terkenal, salah satu cara paling instant adalah dengan membeli backlink. Dukungan link yang mengarah langsung ke website atau konten artikel pada website adalah salah satu indikator web terkenal. Semakin banyak backlink yang Anda peroleh, maka Google akan menganggap bahwa website Anda adalah salah satu web yang populer sehingga, layak ditempatkan di halaman pertama mesin pencarian mereka
  • Beriklan di Google Ads. Cara instan lainnya untuk menempatkan website Anda di halaman pertama mesin pencarian Google adalah dengan beriklan di Google melalui Google Ads. Cara ini tetap perlu Anda lakukan jika ingin web langsung berada di top page. Walau demikian, cara ini tidak efektif dalam jangka panjang karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Disamping itu, jika Anda berhenti berlangganan, maka website Anda akan tereliminasi dari halaman pertama. Terlebih, jika tidak didukung konten yang SEO friendly atau beberapa hal seperti yang telah kami sebutkan pada point sebelumnya

4)    Tambahkan Tempat/ bisnis Anda di Google Maps

Agar mereka yang ingin menggunakan jasa Anda dapat dengan mudah menemukan dimana kantor atau bisnis Anda berada, maka Anda harus mendaftarkan alamat kantor/bisnis di Google Maps. Mengapa?

Google Maps merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia untuk mencari tempat/lokasi/alamat, bisnis, kantor, atau jasa.

Agar lebih mudah ditemukan, pastikan Anda menggunakan nama yang jelas (akan lebih baik jika mengandung kata kunci yang relevan), lengkapi informasi yang dibutuhkan seperti jam operasional, foto/gambar, nomor telepon, serta website.

Untuk menaikkan popularitas bisnis Anda di Google Maps, maka Anda perlu melakukan beberapa trik yang dapat membuat Google memunculkan alamat bisnis Anda ketika seseorang mencari dengan kata kunci yang relevan. Salah satunya adalah dengan memperbanyak share dan review (positif) dari para pelanggan yang pernah menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

5)    Maksimalkan media sosial

Media sosial merupakan alat marketing gratis yang memiliki peranan sangat besar dalam membantu mensukseskan bisnis yang kita geluti.

Beberapa jenis media sosial yang paling banyak digunakan diantaranya adalah:

  • Facebook
  • Twitter
  • Linked in
  • WhatsApp
  • Instagram
  • Google Plus
  • Pinterest, dan lain-lain

Selain aktif melakukan promosi melalui sosial media, Anda juga perlu mencantumkan alamat website yang telah Anda bangun di setiap akun sosial media yang Anda miliki. Tujuannya adalah, agar calon pelanggan yang tertarik menggunakan jasa tour and travel yang Anda tawarkan bisa langsung mengakses informasi lebih lengkap melalui website yang Anda sematkan.

6)    Buat akun Youtube untuk upload video atau vlog

Saat ini, YouTube merupakan situs web berbagi video yang paling banyak diakses oleh netizen dan traveler di seluruh dunia. Oleh karena itu, memiliki akun YouTube yang bisa digunakan untuk berbagi video menarik atau bisa juga digunakan sebagai media untuk ngevlog, adalah salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mempromosikan jasa travel.

Akun YouTube yang Anda miliki juga bisa dihubungkan dengan website yang telah Anda bangun. Atau sebaliknya, video yang Anda upload di YouTube bisa juga di publikasikan di website atau artikel yang Anda publish. Termasuk, bisa juga dibagikan (share) ke semua akun sosial media yang Anda miliki agar lebih mudah diakses.

Disamping bisa dimanfaatkan untuk media promosi, YouTube juga bisa di maksimalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengaktifkan iklan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang yang berlaku.

7)    Bisnis yang Anda tawarkan harus punya nilai lebih

Jika bisnis yang Anda tawarkan sama persis dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing, tentu Anda akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan. Apalagi, jika usia bisnis Anda masih sangat muda.

Agar bisa menarik minat, Anda perlu menerapkan strategi khusus atau dengan menawarkan berbagai kelebihan yang tidak ditawarkan oleh pesaing. Misal, Anda bisa menawarkan harga yang lebih ramah kantong dan masuk akal, menawarkan itinerary wisata yang lebih menarik, gratis tour guide, atau promo (2 gratis 1), hingga pelayanan yang lebih memuaskan.

8)    Kelola ulasan online dan perhatikan review negatif

Review yang ditinggalkan oleh pengguna jasa di website Anda, melalui DM, komentar blog/web, atau review di Google Maps perlu mendapatkan perhatian. Khususnya, review negatif. Mengapa?

Keluhan dari pelanggan merupakan kritik sekaligus masukan yang harus Anda pelajari dan pertimbangkan. Berbagai kritik dari para pelanggan harus menjadi bahan masukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik atau untuk meningkatkan profesionalitas bisnis yang Anda geluti. Sehingga, pelanggan baru akan mendapatkan dan merasakan kepuasan yang lebih baik dari layanan yang Anda tawarkan.

9)    Quick respon dan selalu tersedia (always available)

Setiap ada pertanyaan, atau setiap kali calon pelanggan menghubungi Anda, cobalah untuk memberikan jawaban (balasan) secepat dan seinformatif mungkin.

Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa lebih yakin untuk menggunakan jasa tour & travel yang tawarkan.

10)  Promosi tidak harus bersifat pasif

Yang saya maksudkan dengan promo pasif adalah promo-promo yang ditawarkan melalui website atau berbagai akun sosial media yang Anda miliki. Promo-promo seperti ini umumnya bersifat menunggu untuk ditemukan.

Jika Anda menginginkan promosi yang lebih efektif, Anda juga perlu melakukan promo aktif dengan menawarkan langsung promo tersebut kepada pelanggan yang pernah menggunakan jasa Anda. Misal melalui email, DM, atau japri Whatsapp.

Jika ternyata promo yang Anda tawarkan tidak dibutuhkan oleh mereka yang Anda tawari, bisa saja informasi (promo) tersebut akan diteruskan ke saudara/keluarga, teman, atau mungkin komunitas mereka. Sehingga, promo yang Anda tawarkan berpeluang lebih besar mencapai target yang Anda harapkan.

Scroll to Top