Cara Menghitung Harga Pembuatan Website Yang Relevan

Discussing website project
Mataram Web | Jasa Pembuatan Website

Hallo sahabat mataramweb.com | Bagi anda yang saat ini mencari jasa pembuatan website banyak yang menjadi pertanyaan yang harus anda jawab, hal yang paling penting adalah “Harga Pembautan Website ” yang ditawarkan apakah sudah sesuai dengan harapan saya nanti atau tidak.

Sebelum anda menjawab pertanyaan diatas, yang perlu anda catat adalah

“Harga bikin website menentukan kualitas website yang anda ingin bikin”

Sebagai seorang pembisnis tentunya anda ingin menekan cost atau biaya pengeluaran untuk usaha anda, tentu semua orang ingin melakukan hal itu, akan tetapi sebagai seorang pembisnis yang pintar tentunya anda pasti tau bahwa harga realistis dan harga bohongan itu ada, saya yakin semua kita tidak ingin tertipu dengan iming iming harga pembuatan website yang murah tetapi hasil yang anda dapatkan tidak seuai dengan harapan yang anda inginkan.

Saat ini Mataramweb.com adalah salah satu jasa pembuatan website yang sudah mempunyai pengalaman sejak tahun 2012 hingga saat ini, banyak diantara client kami diantaranya beralih ke mataramweb.com sebagai jasa pembuatan website mereka karena sebelumnya mereka tertipu dengan tawaran harga diluar sana yang harganya super murah , tidak realistis sehingga mereka kecewa.

Tetapi artikel ini tidak semata mata menyuruh anda untuk menggunakan jasa kami, anda bisa menggunakan jasa orang lain, orang terdekat anda mungkin, tetapi dengan mengikuti panduan cara melihat harga pembuatan website yang dia tawarkan masuk akal atau tidak.

Kami sebagai jasa pembautan website tentunya sangat paham dari tingkat kesulitan, jumlah pekerjaan yang harus dikerjakan untuk mencapai keiinginan client sehingga kami sudah tahu berapa nilai yang harus dibayarkan user untuk sebuah website sesuai keinginannya.

Berikut adalah cara menghitung Harga jasa bikin website yang logis

 

Domain dan Hosting

Tentunya untuk memulai sebuah website , modal pertama yang harus dikeluarkan adalah biaya pembelian domain dan hosting, untuk membeli domain dan hosting ini pariasi

Untuk harga domain sendiri itu sekitar 150.000 kita ambil rata dan untuk domain .co.id sekitar 350.000 bisa lebih bisa kurang tergantung dari provider dimana anda membeli domain tersebut. dan yang keuda adalah Hosting, hosting disini adalah kapasitas penyimpanan data yang harus anda siapkan untuk menampung data file, text, gambar, dll yang akan ditampilkan nanti di website anda, semakin banyak data yang akan anda simpan, tentunya biaya yang anda keluarkan akan semakin tinggi,




Untuk harga pembuatan website standart dengan 5 halaman contohnya, berisi text dan gambar, untuk sekelas company profile ini tidak banyak membutuhkan hosting, tetapi harus dilihat kembali apakah akan ada positngan artikel yang akan terus di update ?

Standart kapasitas hosting yang saya sarankan adalah minimum 500Mb, untuk sebuah perusahan dengan 5 halaman utama, untuk menentukan harga hosting juga pariasi, tergantung dari kualitas hosting, ada yang jual 500Mb harga 100Ribu, ada yang 200rb dll. sekali lagi yang perlu anda ingat harga menentukan kualias, bisa saja anda mendapatkan hosting harga murah tetapi hosting sering down, sering terjadi error, fiture tidak komplit dll. hal ini bisa anda tanyakan kepada developer yang akan membangunkan anda sebuah website.

Biaya Settingan Awal

Biaya settingan awal itu untuk konfigurasi domain, hosting, instalasi template dll tetapi belum mengarah ke hal desain , ini tahap awal, basic sekali, biaya biaya yang dikluarkan adalah 100ribu, ini adalah biaya minim yang paling murah menurut saya.

Biaya Input Data

Input data ini penting karna tentunya anda hanya igin menerima beres , anda cukup fokus pada layanan produk anda, untuk menghitung biaya input data ini lagi lagi kita harus melihat jumlah data yang akan diinput ke main page utama website kita, contoh website company profile, anggap saja 5 halaman utama. biaya yang harus anda keluarkan sekitar 200ribu untuk hal ini.

Tetapi stop dulu, input data ini ada 2 jenis, ada input data secara mudah yaitu hanya dengan copy paste di bagian page atau…. anda harus mempunyai  keahlian untuk mengikuti desain yang sudah ada, contohnya, jika dalam masing masing halaman mempunyai model desain khsus atau berbeda ini sebaiknya menggunakan jasa dari developer anda agar penginputan data bisa seuai dengan konsep yang baik dan benar. Harga yang diambil bisa jadi sekitar 300-500ribu untuk 5 buah halaman dengan desain costum.

Biaya Copywriting

Nah ini mungkin hal baru, jadi copywriting ini adalah metode penulisan atau bahasa iklannya yang dikemas semenarik mungkin untuk menarik minat visitor untuk melakukan intruksi yang anda arahkan seperti untuk menyuruh membeli produk anda, menyuruh register, dll. biaya copywrting ini juga pariasi, jadi tugas anda adalah hanya memberikan informasi produk secara detail dan nanti akan dikembangkan oleh si developer agar terlihat menarik dan menjual sebagaimana tujuan copywriting itu sendiri.

Untuk biaya copywriting ini sekitar saya ambil dari contentsia itu sekitar 600ribu – 1200.000 bisa cek disini

Biaya Optimasi SEO Standart

Tentu hal ini tidak bisa diremehkan, karna tentunya semua orang ingin mendapat posisi pertama di halaman google, untuk optimasi SEO itu saya coba bagi jadi dua, yang pertama adalah optimasi SEO standart, dimana pekerjaannya adalah mempercepat landing page, struktur penulisan, jumla penulisan, link internal, external, dll. atau istilahnya SEO onsite, untuk 5 halaman tadi bisa ditarik sekitar 200ribu.

Support Selama Website Online

Nah ini yang sering dilupakan, jika setelah website online itu kan selama 1 tahun anda akan terus berjibaku dengan website anda, akan ada perubahan perubahan dalam kurun satu tahun tersebut, atau mungkin ada terjadi error dll sehingga membutuhkan penanganan khsusu dari web developer tersebut, kami katakan Support ini hal Wajib yang harus anda pertimbangkan sebagai pembisnis berapa lama suport itu akan anda dapatkan, mangkanya tidak heran jika setelah anda membuat website dengan harga murah, jarak 1 bulan anda minta supportnya developernya malah cuek, chatting gak di read, telpon gak diangkat dll. ini mungkin kesalahan anda dalam memberikan dia harga, tetapi jika harga sudah sesuai tetapi developernya seperti di atas, ya itu pasti anda salah memilih developer bukan salah memberikan harga.

Untuk menghitung nilai support dalam kurun 1 tahun anggap saja kemungkinan akan terjadi error sebanyak 3 kali dan revisi sebnayak 8 kali. untuk hal ini biaya yang realistis untuk dikeluarkan adalah sekitar 300ribu dalam jangka 1 tahun, inget yah, 1 tahun dan itu bukan waktu yang cepat, sega hal bisa saja terjadi dengan website anda. jadi itu adalah gambaran umum cara meliat harga pembuatan website profesional standart yang bisa masuk akal untuk developer dan anda tentunya.

Kita coba totalin yah

  • Domain + hosting dengan kasus diatas anggap 250ribu
  • Setting awal 100ribu
  • Biaya Input data dengan desain berbeda 300ribu
  • Biaya copywriting anggap saja 600ribu
  • Optimasi SEO Standart 200ribu
  • Support selama 1 tahun 300ribu
  • Total : 1.750.000

Jadi bagaimana menurut anda sebagai pengguna jasa , apakah harga diatas layak untuk sebuah website profesional, untuk konsultasi mengenai harga pembuatan website anda, silahkan hubungi kami melalui chat dibawa ini. 🙂

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top