Home » Internet Marketing » Cara meningkatkan penjualan dengan Promo Kilat ( Flash Sale )

Cara meningkatkan penjualan dengan Promo Kilat ( Flash Sale )

Cara Jualan di Facebook Tanpa Iklan Yang Terbukti Efektif

Apa itu promo kilat ?

Promo kilat bisa menjadi cara yang baik untuk membangun pengenalan merek, mendapat pelanggan baru, dan meningkatkan keuntungan dalam waktu cepat. Ada hal-hal lain terkait dengan tipe penjualan ini yang tidak hanya menginformasikan potongan harga produk. Promo kilat yang baik adalah bagian dari rencana pemasaran yang memetakan waktu sebelum, selama, dan setelah penjualan.

Cara meningkatkan penjualan
Cara meningkatkan penjualan

Untuk memahami promo kilat, kamu perlu tau beragam cara menjalankannya. Kebanyakan promo kilat berupa potongan harga dalam waktu terbatas atau bersifat eksklusif. Diskon dalam waktu terbatas memberi harga khusus bagi produk atau jasamu. Setelah promo kilat selesai,pelanggan masih bisa membeli produk atau jasamu dengan harga normal. Sedangkan promo kilat yang bersifat eksklusif adalah penawaran suatu produk atau jasa dalam jangka waktu tertentu. Produk atau jasa ini tidak akan tersedia lagi setelah promo kilat berakhir.

Bagaimana cara memanfaatkan promo kilat untuk pemasaranku?

Promo kilat dapat menguntungkan bisnis pada setiap tingkat. Jika merekmu masih baru, promo kilat bisa jadi cara yang baik untuk memperkenalkan produk. Atau jika produkmu sudah berjalan beberapa waktu, promo kilat bisa meningkat penjualan.

Untuk memutuskan produk mana yang akan diual di promo kilat, cari tau siapa yang ingin kamu jangkau, pelanggan baru atau lama. Jika menyasar pelanggan baru, gunakan promo kilat untuk cuci gudang produk yang biaya produksinya mahal, agar cepat balik modal.

Atau untuk menjual cepat produk popular yang diproduksi dalam jumlah besar dengan harga murah. Cara lain untuk menarik pelanggan baru adalah dengan promo kilat untuk produkmu yang paling mahal atau paling dikenal orang. Alternatif lain, untuk menarik pelanggan lama, gunakan promo kilat untuk menjual produk yang sering dilihat orang di website tapi tidak banyak terjual.

Pemasaran ulang (remarketing)

Menampilkan iklan pada orang yang pernah mengunjungi website dapat menarik pelanggan alama yang selama ini mengabaikan produk dikeranjang belanja mereka, dan memberi tau bahwa produk tersebut sedang diskon.

Saat merencanakan promo kilat, buat orang tertarik dengan menunjukkan bahwa produk tersebut sangat terbatas atau seberapa cepat proses pengirimannya. Ciptakan kesan segera, pasang jam yang menunjukkan waktu yang tersisa sebelum promo berakhir dihalaman produk yang didiskon.

Kamu juga bisa meletakkan penghitung yang menunjukkan berapa banyak produk yang tersisa. Jika menawarkan pengiriman kilat atau gratis, pastikan pelangggan tau promosi itu. Beritahu kalau mereka akan mendapatkan barang dalam 2 hari jika memesan sekarang. Ini akan mendorong mereka menekan tombol “beli”.

Sebelum mereka bisa melihat jam penghitung mundur dan info pengiriman, pelanggan perlu lebih dulu tau tentang promo kilatmu. Disinilah e-mail pemasaran berperan. Jika merekmu sudah mapan, kami bisa melakukan pesan ajakan di situs, pemasaran dimedia social, atau iklan online yang mengajak orang mendaftarkan e-mail mereka, untuk menerima bulletin atau informasi tentang penawaran khusus.

Setelah punya daftar e-mail pelanggan, kirim informasi promo kilat melalui 3 tahap e-mail.

  • Email pertama mengumumkan waktu promo kilat dan informasi mengapa penawaran ini sangat bagus. Mislanya : “Televisi no.1 kami sedang diskon sekarang.”
  • Email kedua focus pada harga kapan promo tersebut berakhir: “Televisi no.1 kami diskon 50%. Promo berakhir hari jumat.”
  • Email ketiga mendorong ketergesaan atau keterbatasan. “Promo berakhir hari ini dan hanya tersisa beberapa unit. Jangan sampai ketinggalan!”

Bagaimana cara melakukan promo kilat yang efetif?

Manfaatkan juga media social dan iklan online untuk menyebarkan informasi promo kilat dan menciptakan ketertarikan tentang hal itu. Rangkaian informasi di media social bisa untuk menginfokan promo kilat pada pengikutmu. Sama seperti e-mail, sebaiknya teks focus pada ketergesaan atau jangka waktu promo, penawaran atau diskon, dan mengapa produk promo tersebut sangat bagus. Pencarian, tampilan, dan iklan berbayar dimedia social juga bisa mempromosikan Promo Kilat, dan menampilkan pesan ajakan yang mendorong untuk segera membeli tawaran istimewa tersebut.

Contoh : “Hanya hari ini! Diskon 50% ! beli sekarang juga.” Jangan lupa pasang iklan pemasaran ulang yang disebut awal tadi. Ini akan menjangkau orang yang pernah mengunjungi website tapi belum mendaftarkan e-mail mereka atau belum jadi pengikut media sosialmu.

Jika ingin sukses mengadakan promo kilat, hindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan bersiap menghadapi masalah yang mungkin muncul. Pertama, perhatikan proses pengiriman. Pastikan bagian logistic bisa menangani lonjakan pemesanan.

Kalau perlu waktu lama untuk pengiriman, beri tau pelanggan diawal sehingga mereka tidak kaget atau kecewa. Lebih dari 45% dari produk yang ditawarkan saat promo kilat terjual lebih cepat dibandingkan dugaan penjual. Jadi cel ketersediaan produk dan amati tren permintaan.

Kamu tidak mau kelebihan atau kekurangan produk. Jika kehabisan produk, komunikasikan pada pelanggan yang tidak bisa mendapat produkmu tepat waktu. Informasikan kembali kepada mereka jika barang sudah kembali tersedia atau ada penawaran diskon lagi.

Terakhir, jangan sampai websitemu tak berfungsi karena banyaknya pengujung saat masa promosi. Jadi, cek waktu yang diperlakukan untuk membuka website dan diskusikan dengan tim IT untuk memastikan situs dan server dapat mengatasi lonjakan pengunjung.

Pastikan layanan pembayaran yang kamu gunakan (seperti PayPal dan Doku) tau bahwa akan terjadi lonjakan pembayaran saat pelanggan mengunjungi websitemu.

Sumber : Ebook 

Sumber : Google Primer

 

Bagikan jika bermanfaat..

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Ropiudin Yahya

Ropiudin Yahya

Hi, Nama Saya Ropiudin Yahya, Biasa Dipanggil Opick, Seorang Web Desainer atau perancang situs website sekaligus CEO dari Mataram Web, Layanan Kami meliput Pembuatan Website, Landing Page, Konten Kreator, serta semua yang terkait dengan Digital marketing, Hubungi kami untuk solusi pembuatan website dan online marketing Anda.

Artikel Lainnya Yang Mungkin Anda Suka !

Scroll to Top