Terima kasih sudah mampir di mataramweb.com, silahkan anda membaca artikel ini sampai habis jika saat ini anda merasa belum berhasil memaksimlakan promosi bisnis anda, dari penjabaran yang akan saya sampaikan anda akan menemukan point pont penting bagaimana membangun pundi pundi bisnis anda secara online, bagi anda yang sudah merasa maksimal tapi belum mendapatkan hasil sesuai harapan atau anda yang mungkin belum tau harus memulai dari mana memaksimalkan promosi anda secara online.

Jika saat ini anda sudah merasa maksimal mempromosikan usaha anda secara online coba evaluasi kembali strategi Anda dengan memastikan website tersebut mempunyai hal-hal seperti dibawah ini:

1. Penyajian Menu Yang Mudah (User Friendly).
Tren desain website saat ini adalah bersih, rapi, cenderung kaku, menu navigasi yang mencolok, topik menu ramping dan cenderung to the point. Kelihatan jelas tombol untuk detail, booking, belanja lagi, dll. Coba lihat website besar seperti zalora, traveloka, dll. To the point kan?

Jadi bagi anda yang saat ini senang melihat website anda ramai penuh warna warni dan super meriah, coba ubah pikiran anda, membuat website yang lebih simple clean, rapi dan jelas sejatinya akan lebih prospek atas penjualan anda via website.

2. Design Website Harus Responsive.
Responsive adalah kemampuan sebuah website untuk menyesuaikan tampilan di berbagai alat, yaitu smartphone, tablet, dan laptop. Ingat, mayoritas masyarakat habiskan waktu online nya menggunakan smartphone. Coba buka web Anda di smartphone 5 inch, bandingkan dengan web lain yang terkenal. Kalau tampilan website Anda kecil, artinya belum responsive. Segera tambahkan design yang responsive.

3. Jelaskan Cara Order dan Metode Pembayaran.
Panduan cara melakukan order akan permudah calon pembeli memahami sistem website Anda. Jelaskan menggunakan gambar, alur proses pembelian hingga produk itu terkirim. Jelaskan cara pembayarannya dan tampilkan bank yang Anda gunakan.

4. Sajikan Informasi Secara Detail.
Berikan informasi detail produk Anda. Bila perlu 1 produk mempunyai banyak foto yang tampak dari samping kiri, kanan, atas atau close up nya. Deskripsikan sebanyak mungkin sehingga calon pembeli tidak perlu tanya kembali. Ini yang terjadi di website marketplace yang sajikan data produk lebih banyak dan detail. hal ini juga berlaku untuk penjual jasa agent travel, usahakan memberikan ulasan sedetail mungkin mengenai itenerary paket anda, baik dari harga, durasi, gambar destinasi kunjungan dll.

5. Testimonial atau Daftar Pelanggan.
Website perusahaan menggelontorkan dana besar untuk iklan di TV, media cetak atau elektronik. Iklan ini lebih kuat berikan efek keyakinan di mata calon pembeli. Untuk website Anda, rajinlah sediakan formulir testimonial ataupun minta testimonial dari pelanggan serta tampilkan di website agar dibaca oleh calon pembeli. Tampilkan juga daftar pelanggan Anda.

6. Eksistensi Diri.
Website mempunyai badan hukum, kantor, team kerja yang jelas, prestasi dan publikasi yang nyata. Maka lengkapi website Anda dengan menampilkan legalitas hukum seperti dokumen SIUP, TDP, NPWP dll. Tampilkan juga foto toko, team, proses kegiatan di website, menandakan Anda ada dan nyata. Beritakan juga prestasi bisnis Anda, semisal pernah dapat sertifikasi dari pemerintah atau institusi lain, pernah diliput oleh media ini dan itu. Beritahu juga partisipasi Anda yang bermanfaat bagi masyarakat.

7. Update dan Aktif di Media Sosial.
Lengkapi website Anda dengan artikel-artikel yang bermanfaat bagi calon pembeli. Menulislah di website Anda seputar manfaat produk, motivasi berbagi informasi seputar bisnis Anda. Update kegiatan Anda di website itu dan unggah ke media sosial juga. Beritakan kepada masyarakat bahwa Anda selalu ada.

8. Customer Service dan Technical Support selalu siaga.
Website anda harus melengkapi diri dengan kegiatan diskusi produk atau jasa yang anda tawarkan. Maka lengkapi pula website Anda dengan fasilitas chat ataupun komentar agar terjadi diskusi interaktif antara calon pelanggan dengan Anda. Ramah dan selalu cerdas di mata calon pelanggan. Kegiatan berdiskusi adalah wajib hukumnya. Jika Anda ketus dengan pelanggan, maka Anda akan dibenci. Jika Anda ramah, maka Anda akan disayang dan terjadi closing sales.

9. Minta Feedback (ke Pelanggan atau Masyarakat).
Jangan hanya minta pendapat yang bagus-bagus saja ke pelanggan. Mintalah pendapat berupa kritik dan saran agar bisa membangun. Beberkan ketidaksempurnaan itu agar menjadi perbaikan produk dan layanan bagi kesempurnaan website dan bisnis Anda.

10. Lakukan Evaluasi.
Jangan berdiam diri dan puas dengan keadaan Anda. Teruslah menggelar evaluasi secara berkala antara Anda dan team. Bisa juga antara Anda dan masyarakat. Berbincang dan berdiskusilah agar menemukan solusi bagi kesempurnaan website dan bisnis Anda.

11. Iklan.
Teruslah melakukan iklan baik itu online maupun offline yang mengarahkan traffic ke website Anda. Para ahli bisnis bilang, satu pertiga keuangan perusahaan itu harus habis untuk iklan.

Tren yang berkembang saat ini adalah melakukan bisnis dengan pola pemasaran di berbagai kanal. Baik itu kanal marketplace, media sosial, dan melalui website sendiri. Hal tersebut merupakan kombinasi bagus untuk tambah kocek omzet Anda. bagi anda yang membutuhkan beriklan di Google Adwords silahkan klik disini.

Pesan terahir adalah jika anda mempunyai sebuah bisnis, dan mempromosikan bisnis anda melalui webiste akan tetapi anda belum mampu memaksimalkannya,  janganlah mematikan website anda, karna itu adalah identitas dari perusahaan anda,

Edito Opick Mataram Web

Sumber