Mataramweb.com | Banyaknya request dari Client kami terutama para agent travel yang ingin dibantu untuk dibuatkannya account listing TripAdvisor, hal ini membuat saya untuk tertarik untuk menulis sekilas tutorial bagaimana membuat account listing untuk bisnis anda di TripAdvisor.

Untuk dibantu dibuatkan sepenuhnya Hal ini tidak bisa kami lakukan karna membutuhkan beberapa langkah yang harus anda kerjakan sendiri, baca tutorial ini sampai habis yah…

Sebelum lebih jauh, Account Listing ini berbeda dengan account sosial TripAdvisor, untuk membuat account sosial media TripAdvisor cukup mudah, anda bisa lansung koneksikan account facebook anda dengan account tripAdvisor.

sebaiknya hal ini anda lakukan terlebih dahulu sebelum membuat account listing di TripAdvisor. Caranya cukup mudah cukup kunjungi tripadvisor.com dan Klik Tombol Join pada pojok kanan website tripadvisor seperti gambar dibawah ini.

Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas lebih jauh mengenai sosial medial trip advisor tetapi lebih ke pendaftaran listing trip advisor. Sebelum memulai pendaftaran anda harus menyaiapakan beberapa kelengkapan dibawah ini.

  1. Map Lokasi Google Tutorialnya bisa dibuka disni
  2. Funpage Facebook Caranya ada disni
  3. Banner Property ( Hal ini bisa berbentuk Plank, Spanduk, yang ada Logo dan Nama Perusahaan yang akan didaftarkan TripAdvisor ) hal ini untuk lebih meyakinkan pihak tripadvisor akan kebenaran keberadaan lokasi Objek Wisata

Ok jika bahan bahan sudah dibuat kita lansung ke tutorial bagaimana mendaftar di TripAdvisor.

Silahkan Kunjungi https://www.tripadvisor.co.id/GetListedNew

Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini kemudian pilih Objek Wisata

Pilih Objek Wisata dan Biar Gak Bingung Ganti pakai Bahasa Indonesia aja , ada pilihannya di pojok kanan Bawah Bro

Pengisina Informasi Kontak Dasar

Semua cukup jelas, Kolom bagian pertama adalah Nama Pribadi anda, email untuk mengelola akun tripadvisor anda nanti, dan Posisi anda dalam perusahaan, seperti owner, manager dll, silahkan di klik dropdown nya.

Dikolom bagian kedua, informasi objek wisata anda, isi nama Perusahaan Anda sesuai nama Travel / Biro Jasa Anda, Alamat dan Jangan lupa Geser penanda Lokasi di Map Lokasi sesuai dengan Map Lokasi yang sudah anda buat di Google Map Sebelumnya. Jika belum buat cek disini  Kemudian Klik Berikutnya.

 

Keterangan :

  • Telpon : Sesuai telpon kontak website dan Fax Jika ada
  • Email : yang akan tampil di profile bisnis tripadvisor anda
  • Alamat website : cukup jelas, jika belum buat website.. jangan lupa kontak mataramweb.com yach.. 😉
  • Alamat link Facebook yach.. seperti gambar dibawah ini

Silahkan buka funpage masing – masing kunjungi berandanya.. dan copy alamatnya contohnya seperti di punya mataramweb https://www.facebook.com/mataramweb

  • Dibagian kategori, silahkan pilih jenis kategori wisata yang anda mau, kalo yang sering digunakan Wisata alam & Tama, maka akan muncul pilihan lagi yang lebih spesifik, silahkan centang layanan paket yang anda jual.
  • Rekomendasi Lama Kunjungan : Pilih lebih dari 3 Jam aja
  • Harga Tiket / Biaya Masuk : Mau diisi Free Juga gak apa apa..
  • Keterangan Tentang Objek Wisata : Buat deskripsi singkat padat dan Jelas yah..
  • Masukkan Informasi Tambahan Jika Perlu
  • Pilih Foto untuk mewakili Property.. nah ini dia maksud dari dibutuhkannya banner / spanduk atau plank tadi.. silahkan Pilih FIle >> Browse , Pilih Filenya untuk di Upload. >> OK.
  • Selanjutnya jangan lupa Centang dan Kirim
  • Ok Jika sudah, anda akan disuruh menunggu sekitar 5 hari, untuk di surver kebenaran data yang anda kirimkan oleh tim TripAdvisor, jangan lupa Ber Do’a semoga diterima.