instagram bisnis tips promosi online instagram

5 Langkah Promosi Produk Online Shop di Instagram

Mataramweb.com | Apakah kita ingin produk yang kita jual dilihat lebih banyak orang, tumbuh dan berkembang hingga banyak orang yang menggunakan merek kita, ditambah lagi menghasilkan banyak keuntungan? Jika ya, tentu saja Instagram bisa menjadi pilihan tepat untuk memasarkan produk.

Saat ini Instagram digunakan lebih dari ratusan juta pengguna setiap bulannya. Sehingga tidak heran kini berbagai merek mulai dari usaha kecil hingga korporasi dunia menggunakan Instagram sebagai salah satu strategi pemasaran produknya.

Tapi bukan hanya soal angka saja, kita juga harus memperhatikan penggunanya. Dan kini, diketahui bahwa pengguna Instagram adalah tukang belanja juga. Sehingga Instagram menjadi tempat yang pas untuk promosi.

Tapi, kita tidak bisa asal dalam melakukan promosi di Instagram karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan promosi di media sosial tersebut. Ada beberapa tips yang harus dilakukan sebelum menggunakan Instagram untuk promosi, sehingga produk yang dijual akan lebih maksimal dibeli oleh para pengguna Instagram.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika akan berpromosi di Instagram.

Membuat Akun Instagram Bisnis

Jika kita akan menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka kita bisa memaksimalkannya dengan menggunakan fitur Instagram bisnis. Hal ini agar kita bisa memisahkan konten pribadi dan konten bisnis kita. Sehingga fokus yang ada tidak melulu pada konten personal. Dengan menggunakan akun bisnis, kita bisa berfokus pada bisnis dan bisa fokus pada penjualan yang kita inginkan.

Gunakan Nama Akun yang Sesuai dengan Produk

Pemilihan nama adalah faktor penting dari bisnis. Nama akun yang digunakan harus sederhana, mudah diingat, dan tapi sekaligus menggambarkan brand yang dijual. Jangan sampai kita menggunakan nama yang tidak ada hubungannya dengan produk yang kita jual, sehingga orang tidak akan langsung mengerti apa yang kita jual.

Tulis Bio yang Menarik

Bio yang baik adalah bio yang menarik perhatian followers. Sehingga ketika followers membaca bio, followers langsung ingin membeli produk kita. Selain itu, penting juga untuk memberikan info yang cukup untuk followers tentang akun dan brand kita. Jadi, followers tidak perlu mencari tahu ke tempat lain tentang brand. Jika perlu, sertakan link ke situs media sosial lain atau website yang berisi informasi lebih lengkap.

Gunakan Foto Resolusi Tinggi

Instagram adalah tempat untuk berbagi foto dan juga video. Jadi, jangan sampai kita memasang foto yang beresolusi rendah sehingga kualitas gambar yang ada sulit dilihat dan tidak jelas atu buram. Pasanglah foto dengan kualitas yang baik, tidak blur, tidak terlalu terang, tidak terlalu gelap. Intinya, pasanglah foto yang bisa terlihat jelas dan menggambarkan keunggulan produk yang kita jual.

Tuliskan Caption yang Bisa Mengajak Followers Berpartisipasi

Agar bisa semakin banyak dilihat orang, kita perlu meningkatkan partisipasi (engagement) dari postingan Instagram kita. Beberapa cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan partisipasi di antaranya adalah dengan meminta mendapatkan like selain juga mendapatkan komentar di postingan kita. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menuliskan caption Instagram yang keren. Tidak hanya keren, sebaiknya kita mengajak followers untuk ikut berpartisipasi seperti memberikan like atau komentar. Semakin banyak orang yang memberikan komentar, maka semakin baik juga peluang postingan kita akan muncul di halaman explore. Orang yang belum mem-follow akun kita pun bisa ikut melihat barang yang kita jual. Gunakan pula hashtag yang relevan sehingga pengguna instagram bisa mudah menemukan barang yang dicari.