Turorial Elementor Lengkap Bahasa Indonesia

Pendahuluan

Tutorial Elementor Lengkap Video + Dokument Bahasa Indonesia

Tutorial Elementor Lengkap | Pada kesempatan ini, kita tidak akan membahas mengenai bagaimana cara melakukan edit terhadap Landing Page yang sudah kita buat, akan tetapi kita akan coba memperkenalkan bagaimana cara meng operasikan Landing Page yang kita miliki

Karna jika sudah menguasai dasar dasar alat dari Landing Page yang kita buat, kita akan lebih mudah untuk melakukan Editing pada Landing Page yang sudah kita buat.

Dalam tutorial kali ini, kita akan membahasa secara detail bagaimana meng operasikan Tools yang kita gunakan untuk membuat Landing Page, karna kemungkinan ada teman teman yang masih awam dengan Elementor.

Apa itu Elementor, Elementor adalah salah satu Plugin Web builder untuk merancang sebuah desain halaman website,

Buat teman teman yang sudah tau atau pernah menggunakan Elementor mungkin akan sangat mudah memahami tutorial dibawah ini.

Pengenalan Widget

Melakukan Edit Pada Landing Page

Silahkan Klik menu Laman -> Semua Laman - Edit With Elementor

Jika sudah kita akan ditampilakan halaman kosong, seperti video diatas,

menu dasar elementor

Pengenalan Widget Dasar Elementor

menu elementor pro

Pengenalan Widget Elementor Pro

Mulai Bekerja

Mulai Bekerja Dengan Elementor

Membuat Section baru dengan cara klik Icon + pada lembar kerja,

Maka akan muncul kolom layout yang bisa kita pilih, mau 1 kolom, 2 kolom, 3 kolom dan seterusnya, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan

Kemudian disebelah kiri, kita sudah mempunyai Widget – Widget yang sudah tersedia, kita tinggal memilih widget sesuai kebutuhan

Untuk kembali melihat widget, Anda tinggal menenkan Tombol titik 9 yang ada di nav bar warna merah,

back to menu

Untuk membulai sebuah pekerjaan baru di halaman landing page kita, kita terlebih dahulu membuat sections atau bagian.

Section atau bagian adalah struktur utama dalam sebuah halaman bekerja, dalam bagian ini, kita bisa memilih strutur kolom yang akan kita inginkan. terdapat berbagai macam pilihan kolom seperti 1 kolom, 2 kolom, 3 kolom dst.

Timbul pertanyaan, Apa perbedanya Section atau bagian jika dibandingkan bagian dalam atau column inner pada menu widget Elementor.

Sections atau Bagian dalam adalah seperti kertas utama dalam lembar kerja, sedangkan Inner Colom, atau bagian dalam adalah kertas kedua tempat bekerja yang tidak bisa keluar dari tumpukan kertas pertama atau Sections.

Melaukan Pengaturan

Bermain Dengan Pengaturan

Dalam menu elementor terdapat 3 bagian utama yang harus diperhatikan, dan ini sering sekali kita gunakan diantarnaya adalah KONTEN | GAYA | LANJUTAN

Sebelum lanjut ke bagian pengaturan, kita harus menseleksi bagian yang ingin kita atur,

1. Memilih Sections atau Bagian, untuk memilih section atau bagian, Anda bisa meng klik bagian tengah dengan Tanda Titik 6

2. Untuk bagian widget yang ingin di edit, Anda bisa meng klik bagian pojok Icon pensil pada masing masing Widget yang ingin Anda edit.

Sebelum pindah ke bagian pengaturan pastikan Anda sudah memilih widget yang benar,  seperti video dibwah ini

style

Pengaturan ini tidak multak di masing masing widget, silahkan coba masing masing widget untuk mengetahui apa saja yang bisa dikerjakan dibagian konten contohnya seperti text dibawah ini

bagian konten

Jika sudah melkukan edit konten, seperti mengganti text, mengganti gambar dll, Anda tinggal meng klik tombol hijau di bawah, Terbitkan untuk perintah pembutan halaman baru, atau Perbaharui jika untuk Edit halaman yang sudah jadi.

Ganti Background

Contoh 1 mengganti bacground, Text dan pentauran sytel lainnya

Pada video ini, kita sudah membuat Sections atau Bagian terlebih dahulu dan berupa sample text judul.

Kita coba mengatur tinggi section di bagian tata letak, menggunakan tinggi minimal 400,

bagian section

Masih di bagian section, kita mencoba mengatur Gaya atau syle dari secton kita, dan mencoba mengatur background atau Latar, dan memilih warna gardien, silahkan explore jenis bacgound yang bisa anda pilih seperti, Warna Dasar, Gardien, Video maupun slide.

edit bacgroun
Mengatur Jarak

Mengatur Jarak Pada Elementor

Pada bagian ini kita akan mempelajari bagaimana mengatur jarak pada elementor, untuk mengatur jarak kita menggunakan pengaturan lanjutan

style

Perhatikan pada video dibawa ini, untuk mengatur jarak pada elementor kita menuju ke pengaturan lanjutan, kemudian kita pilih Padding atau margin :

Padding dan margin mempunyai fungsi sama yaitu mengatur jarak, hanya saja mereka mempunyai fungsi yang berbeda

Margin : mengatur jarak dari luar

Padding : mengatur jarak dari dalam

Pengaturan Tulisan

Pengaturan Font

Pengaturan font adalah bagian penting dalam sebuah halaman website maupun landing page, untuk itu kita perlu melakukan banyak explore bagaimana melakuan setting pada bagian tulisan agar terlihat menarik.

Berikut adalah sasalah satu tutorial bagaimana mengatur font pada elementor.

Scroll to Top