5 Tips Mengelola Website Bisnis untuk Mendukung Penjualan Produk

tips mengelola website bisnis

Platform seperti apa yang Anda gunakan untuk membangun dan mempromosikan bisnis digital? Sebagian orang barangkali menjawab media sosial yang dianggap lebih praktis. Namun, website sebenarnya masih memegang potensi kuat terhadap bisnis digital. Untuk itu, dalam artikel ini kita akan bahas lebih dalam seputar tips mengelola website bisnis!

Ya, seperti media sosial, website yang Anda gunakan untuk berbisnis juga harus dikelola sebaik mungkin. Dengan begitu, website dapat menjadi wadah berbisnis menjanjikan untuk mendapatkan profit sekaligus konsumen yang melimpah.

Apa yang terjadi saat website bisnis jarang dikelola?

Anda sebenarnya akan mudah mengaplikasikan tips mengelola website bisnis saat mempunyai platform tersebut. Kalaupun belum ada, ada sejumlah jasa pembuatan website yang bisa diandalkan untuk menanganinya.

Setelah menerima website bisnis, Anda pun harus memeliharanya secara berkala. Pasalnya saat website jarang diurus, berbagai dampak buruk berikut ini bakal mengintai Anda:

  • Hasil pencarian kurang maksimal

Salah satu tujuan orang-orang membuat website bisnis adalah meningkatkan branding awareness secara online. Optimasi yang baik dan tepat pun bakal membantu website yang bersangkutan masuk ke laman pertama hasil pencarian di search engine seperti Google.

Nasibnya akan berbeda saat website jarang dioptimasi atau tak dilakukan pembaruan. Website mungkin masih muncul di laman pencarian, tetapi bukan di laman prioritas. Alhasil, peluang Anda mendapatkan target audiensi semakin kecil.

  • Kurang menunjukkan profesionalitas

Mengikuti tips mengelola website bisnis bakal meningkatkan profesionalitas perusahaan maupun kegiatan usaha lain yang Anda jalankan. Apalagi kalau Anda sedang bertransisi ke bisnis digital yang memusatkan kegiatannya pada aktivitas-aktivitas online.

Sementara saat website kurang terurus, konsumen bakal malas duluan buat menjelajahinya. Terutama kalau navigasinya sudah ketinggalan zaman. Selain itu, klien juga menganggap Anda sebagai pelaku bisnis yang malas.

  • Harus mengikuti perubahan media sosial

Berdasarkan survei yang dilakukan Clutch, sekitar 21% perusahaan lebih menggantungan media sosial ketimbang website. Bukan hanya tak perlu mengikuti tips menglola webiste bisnis, mereka juga menganggap media sosial lebih praktis dipakai.

Di sisi lain, media sosial termasuk platform dinamis yang selalu melakukan perubahan, baik dari kebijakan, fitur, sampai algoritme. Hal ini tentu bakal merepotkan, sebab Anda harus menyesuaikan usaha dengan pembaruan tersebut.

tips mengelola website bisnis yang baik
tips mengelola website bisnis yang baik

Bagaimana cara mengelola website yang tepat untuk bisnis?

Dari penjelasan di atas, Anda dapat menilai bahwa keberadaan website memang penting untuk mengelola bisnis digital. Jangan disamakan juga caranya dengan website pribadi. Setiap langkah yang diterapkan bakal berdampak pada bisnis, target audiensi, sampai klien kerja.

Supaya website lebih rapi dan terlihat menjual, berikut tips mengelola website bisnis yang patut diterapkan secepatnya!

1. Sudah memakai structured data

Structured data merupakan kode snippet pada template yang membantu search engine saat memahami konten-konte yang ditayangkan di website. Oleh karena itu, Anda harus memastikan template yang terpasang pada website bersangkutan mempunyai structure data yang tepat supaya terindeks search engine, termasuk oleh Google.

Anda tak perlu memusingkan structured data, sebab pihak pembuat website biasanya sudah mengaturnya. Mereka biasanya mengimplementasikan kode tersebut sebagai bagian dari SEO On Page. Tanyakan kepada penyedia jasa untuk memastikannya.

2. Perbarui konten website secara berkala

Tips mengelola website bisnis ini terbilang simpel, tetapi tak sedikit orang yang mengabaikannya. Memperbarui konten secara berkala membuat website sering ‘dibaca’ Google. Hal ini tentunya akan membuat peluang website masuk laman pertama hasil pencarian semakin besar. Trafik yang masuk akan semakin tinggi karena banyak yang mengaksesnya.

Kendati demikian, Anda perlu memperhatikan kualitas konten yang dipublikasikan. Google kini memprioritaskan konten organik dan sesuai topik website yang dikelola. Jadi jangan malas riset dan up to date terhadap berita-berita terkini seputar bisnis yang Anda miliki.

3. Pakai layanan iklan online dari Google

Selain melalui konten, iklan online juga membantu mendatangkan trafik pada website. Google Ads merupakan salah satu tools yang dapat Anda andalkan untuk kepentingan ini. Memang ada biaya yang dikeluarkan untuk pemasangannya. Namun dengan penargetan yang sesuai, iklan tadi akan sampai ke audiensi yang diharapkan.

Tips mengelola website bisnis ini pun termasuk ke dalam startegi Search Engine Marketing (SEM) yang akan memberi hasil terbaik saat dipadukan dengan SEO. Untuk pemasangan iklan sendiri tak perlu dilakukan setiap hari asalkan konsisten dan tepat waktu.

4. Manfaatkan Google Analytics dan Search Console

Masih berhubungan dengan tools Google, Analytics dan Search Console dianjurkan untuk Anda hubungkan ke website bisnis. Google Analytics ditujukan untuk melihat dan memantau statistik trafik kunjungan website. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah merencanakan goals sekaligus tracking performa berdasarkan aktivitas pengunjung.

Sementara Google Search Console pada tips mengelola website bisnis termasuk tools yang difokuskan pada pemantauan performa dari segi pencarian. Bahkan website yang Anda kelola akan lebih cepat terindeks Google.

5. Optimasi hosting dan server yang dipakai

Satu lagi cara yang dapat Anda aplikasikan adalah mengoptimasi layanan hosting dan server di website tersebut. Sayangnya, belum semua pengelola websiite menyadari pentingnya langkah ini bagi performa platform. Padahal, hosting dan server berperan penting dalam menjaga kecepatan memuat laman, bukan sekadar tempat menyimpan file pada website tersebut.

Jika website atau server menunjukkan performa kurang baik, kecepatan loading pada laman pun bakal melambat. Selain itu, penerapan SEO juga bakal ikut menurun. Untuk itu, perhatikan baik-baik tips mengelola website bisnis ini supaya tak muncul keluhan dari pengunjung maupun klien.

Ke mana sebaiknya Anda mengajukan pembuatan website?

Penerapan tips di atas dipengaruhi juga oleh kualitas website yang dikelola. Oleh karena itu, Anda yang tidak bisa membangun website sebaiknya menggunakan penyedia jasa berpengalaman seperti https://mataramweb.com.

Bersama https://mataramweb.com, Anda bukan hanya mendapatkan website bisnis yang profesional dan user-friendly. Layanan-layanan seperti domain dan hosting, desain websiite, optimasi kecepatan, sampai copywriting juga sudah kami sediakan.

Anda pilih saja paket mana yang sesuai dan tunggu sampai website selesai dibuat. Kemudian, Anda tinggal aplikasikan tips mengelola website bisnis di atas!

Facebook
WhatsApp
Telegram

Bagikan jika bermanfaat..

Picture of Ropiudin Yahya
Ropiudin Yahya
Hi, Nama Saya Ropiudin Yahya, Biasa Dipanggil Opick, Seorang Web Desainer atau perancang situs website sekaligus CEO dari Mataram Web, Layanan Kami meliput Pembuatan Website, Landing Page, Konten Kreator, serta semua yang terkait dengan Digital marketing, Hubungi kami untuk solusi pembuatan website dan online marketing Anda.