Home » Bicara Seputar Travel » 8 Langkah Cara Membuat Landing Page Gratis di Google Site

8 Langkah Cara Membuat Landing Page Gratis di Google Site

membuat landing page main

Hallo sahabat Mataram Web | buat kalian yang saat ini sedang mencari cara membuat Landing Page Gratis kita akan infokan step by step cara membuatnya secara Gratis di Google, nah sebelum itu kita akan kasih informasi apa sih mamfaat landing page dan apa tujuan membuat sebuah landing page ?

Baik, kita akan bahas ini dulu yah, Jadi secara umum landing page adalah salah satu wadah dimana sebuah iklan akan diarahkan, dimana halaman landing tersebut kita desain sedemikian rupa dengan tujuan memprospek si pengunjung.

Umumnya landing page digunakan untuk kebutuhan iklan, degan 1 tujuan yaitu si visitor melakukan intraksi sesuai yang kita harapkan, seperti membeli produk, memasukan email, mengisi survey, dll. tapi ingat dan perlu dicatat bahwa landing page itu 1 tujuan utama, landing page yang bagus itu fokus sama 1 pembahasan, jadi kalo intraksi yang diharapkan banyak, sebaiknya jangan gunakan landing page.

Ok, Kita lanjut saja tutorialnya

Cara Membuat Landing Page Gratis Di Google Site

Ada yang pernah google site belum ? ok, kita infokan dulu, sebenarnya layanan produk ini sudah lama disajikan oleh google sendiri, tetapi memang kemungkinan jarang kita dengar dan jarang dimamfaatkan oleh kebanyakan orang, nah sebelum membuat landing page coba lihat halaman ini.


Contoh Landing Page Google Site

Nah gimana contoh landing page dari google site ditas, keren kan ? ok mulai tertarik untuk membuatnya, kita lanjut saja

1 Kunjungi Google Site

Sebelum mengunjungi nya silahkan login terlebih dahulu ke akun gmail teman teman setelah itu silahkan kunjungi link berikut https://sites.google.com/new
Jika sudah teman teman akan mendapatkan halaman seperti berikut :

Cara Membuat Landing Page Gratis
Cara Membuat Landing Page Gratis

Ada 2 cara memulai membuat project landing page  anda, yang pertama dengan membuat dari project kosong, atau bisa memamfaatkan template yang sudah disediakan.
Tetapi pada kesempatan ini kita akan memulai dari project kosong saja, agar kita bisa memahami berbagai macam tools yang bisa kita mamfaatkan untuk membuat landing page gratis kita.

2. Pilih Template Kosong

Maka akan tampil halaman berikut

membuat landing page gratis 2
Cara Membuat Landing Page Gratis

1. Area Kerja

Area kerja adalah dimana landing page akan kita desain sesuai dengan kebutuhan kita

2. Widget Area

Adalah berupa widget atau element yang bisa kita tambahkan kedalam landing page kita

3. Pengenalan Widget

Sebelum kita lebih lanjut, kita akan mengenalkan terlebih dahulu beberapa widget yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah landing page perhatikan gambar berikut
cara membuat landing page gratis 3
Pengenalan widget

  • Kotak Teks adalah salah satu widget yang berfungsi untuk menulis text
  • Gambar berfungsi untuk menyisipkan gambar
  • Sematkan, adalah widget yang befungsi untuk menyematkan kode seperti html, php, dan berbahagai jenis bahasa pemograman lainnya
  • Google Drive kita bisa menyisipkan file yang sudah kita miliki di google drive

Tata Letak
tata letak
Tata letak adalah salah satu widget yang berfungsi untuk menyusun tata letak yang sudah disiapka, dimana terdapat berbagai tata letak yang telah disediakan berikuta image, text dan kolom, silahkan pilih sesuai layout yang anda inginkan

  • Tex yang dapat diciutkan adalah widget berupa text yang bisa digeser atau diciutkan secara manual sesuai kebutuhan
  • Dan lainnya sesuai menu yang sudah umum kita temukan diberbagai page builder lainnya seperti tombok, gambara carausel ( gambar bergerak ) embed youtube, peta, kalender dll seperti yang bisa dilihat di daftar widget yang tersedia

4. Drag dan drop widget

Jika teman teman sudah pernah menggunakan elementor , wpbackery teman teman pasti akan familiar dengan drag and drop page builder dari google site ini, teman teman tinggal tarik menu widget yang diinginkan ke area kerja Landing page nya. cukup mudah dan simple bukan.

5. Pengaturan Logo Dan Landing Page

Hal pertama yang akan saya sampaikan dalam memulai sebuah landing page gratis teman teman adalah melakukan setting logo, dan pengaturan landing page lainnya, silahakan klik menu bagian header seperti gambar dibawah ini
membuat landing page gratis memasukan logo
Kemudian akan muncul seperti gambar dibawah
membuat landing page gratis 3
Ok , disini teman teman bisa mengatur Navigasi, Logo Favicon, alat pengakses  alat pengakses , domain costum , analisa yang bisa disinkronkan dengan google analystic dan membuat banner pengumuman, yaitu sebuah text fixed yang berada di atas website yang berisi informasi atau pengumuman penting.

6. Costum Desain Landing Page

Mengenai cara meng coostum landing page saya tidak akan membahasnya secara panjang lebar, tetapi saya akan informasikan apa yang mungkin teman teman perlu ketahui, dalam melakukan costum landing page tentunya akan berbeda sesuai dengan kebutuhan teman teman.
Perhatikan gambar dibawah ini
membuat landing page gratis 4
Dari gambar diatas terdapat 3 warna yang berikut adalah penjelasnnya di cara membuat landing page gratis nya
Warna merah : Terdapat 3 icon, 1 icon costume , disana teman teman bisa melakukan costum backgroun, bisa berupa warna maupun menjadikan gambar sebagai background, icon copy untuk menduplikat section yang sudah dibuat, dan icon menghapus element.
Warna Hijau : Anda bisa menambahkan gambar dengan cara meng klik icon +, kemudian akan muncul beberapa pilihan , apakah anda kan menambahkan gambar dari upload file komputer atau mengambil dari data google drive, google photo yang sudah ada dalam akun Email Anda.
Warna Coklat : Anda bisa mengisi text yang sudah tersedia

7. Publikasikan Landing page

Nah jika teman teman sudah merasa cukup untuk landing page nya, teman teman bisa lansung mempublikasikan landing pagenya dengan cara meng klik tombol publikasikan pada tombol pojok kanan atas seperti gambar dibawah ini
membuat landing page gratis 5

8. Costum Url Landing page google site

Setelah meng klik publikasikan , untuk pertama kalinya  dalam cara membuat landing page gratis akan muncul perintah untuk membuat costum ulr untuk landing page yang sudah dibuat, teman teman bisa membuat costum url sesuai keinginan, dan ingat costum url yang sudah Anda buat tidak boleh sama dengan url orang lain.
membuat landing page gratis 6 costum url
Landing Page Selesai, nah selamat sekarang landing page Anda sudah selesai dan silahkan bagikan costum url yang sudah dibuat, bisa dijadikan landing page untuk jualan di facebook atau ber iklan di google ads.

Kekurangan Google Site

  • Google site memiliki kekurangan, yaitu tidak memiliki banyak widget seperti page builder lainnya,
  • Kemampuan untuk costum desain sangat terbatas

Kelebihan Google Site

  • Element terintegrasi dengan data yang terdapat di akun gmail
  • Landing page terasa lebih cepat karna menggunakan server google lansung

Kesimpulan

Dalam membuat tutorial cara membuat landing page gratis menggunakan google site cukup gampang, karna google site telah merancang page builder yang mudah untuk dipahami bahkan oleh orang awam sekalipun.
Apakah ingin membuat landing page profesional dari jasa pembuatan landing page di mataram web ?
Kami ingin menawarkan jasa pembuatan landing page dengan fitur komplit, dengan 20 Kelebihan yang bisa anda nimati, cek selengkapnya.

jasa landing page profesional
jasa landing page profesional


Bagikan jika bermanfaat..

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Ropiudin Yahya

Ropiudin Yahya

Hi, Nama Saya Ropiudin Yahya, Biasa Dipanggil Opick, Seorang Web Desainer atau perancang situs website sekaligus CEO dari Mataram Web, Layanan Kami meliput Pembuatan Website, Landing Page, Konten Kreator, serta semua yang terkait dengan Digital marketing, Hubungi kami untuk solusi pembuatan website dan online marketing Anda.

Artikel Lainnya Yang Mungkin Anda Suka !

Scroll to Top