Cara Prospek Agar Cepat Closing dan Konsumen Tertarik

  • Kenapa perlu mempelajari cara melakukan prospek tentang produk/jasa ke pelanggan ?
  • Apa prospek hanya diperlukan oleh jenis bisnis tertentu ?
  • Teknik yang bisa dipakai untuk melakukan prospek dengan lebih baik ?

Ketika berbelanja di pasar, Wulan merasa sedikit lapar dan mau membeli camilan.

Dia mau makan kue cubit dan ada 2 penjual di pasar itu. Dia tidak yakin mana yang harus dipilih karena sepertinya, jenis dan harga yang ditawarkan sama.

wulan bertanya pada penjual tentang produk mana yang mereka sarankan. setelah itu, dia memilih satu yang terdengar lebih menarik.

Bagaimana penjual yang dipilih wulan bisa menarik perhatiannya ?

Teknik  yang bisa dipakai untuk melakukan prospek  dengan lebih baik ?

Ayo Cari Tahu Penjual mana yang berhasil menarik perhatian wulan ?

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Penjual yang menjawab pertanyaan Wulan dengan : “Terserah saja. Semua enak kok.”

Penjual yang menyebutkan 3 varian kue cubit yang paling sering dibeli pelanggan, dan bertanya toping yang disukai wulan.

Kemungkinan besar Wulan akan memilih penjual yang meluangkan waktu menjelaskan kelebihan kue cubitnya.

Walaupun cuman contoh, hal ini menunjukkan kenapa seseorang pemilik bisnis harus mempelajari cara membujuk dan menampilkan produk/jasa.

Apa pun jenis bisnismu (toko fisik, Online, atau dari pintu ke pintu), kemampuan prospek  (menyampaikan kelebihan produk/jasamu) sangat penting untuk menghasilkan penjualan.

Lewat prospek  kamu bisa menyampaikan misi, nilai, keunikan, dan kelebihan bisnismu dengan cara yang persuasif.

kampanye pemasaran memang bisa menyampaikan informasi yang sama, tapi biasanya orang lebih percaya pada sosok yang nyata (dirimu) dibandingkan bisnis atau perusahaan yang belum dikenal.

walau begitu kamu harus hati-hati karena prospek  yang kurang tepat juga bisa berakibat buruk pada produk/jasamu dan orang tidak mau melakukan pembelian.

jasa bagaimana cara melakukan prospek  dengan “tepat” ? Sebenarnya tidak ada cara yang pasti. kamu bisa menyesuaikan dengan kepribadian dan kebutuhan bisnismu.

yaitu mengombinasikan kepribadian merek dan kepribadian personalmu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap orang yang jadi pelanggan.

Berbagai alasan kenapa bisnis, produk, dan layananmu sangat bisa dilakukan dengan cara unik dan spesial juga. Tambahan unsur manusiawi dan emosi dengan menunjukkan kalau kamu sangat bersemangat dan berdedikasi pada bisnismu.

Kamu bisa bercerita tentang bagaimana kamu memakai produk/jasamu, efek positifnya, dan bagaimana hal itu berarti dibandingkan sekedar mendapat keuntungan. Hal ini bisa membantu orang menyadari sisi otentik produk/jasamu.

Kamu juga bisa menyesuaikan dengan orang yang sedang kamu hadapi. Pastikan kamu bisa memahami kebutuhan khusus mereka dan sifat atau karakter mereka.

Misalkan seorang tukang kayu yang harus banyak membawa peralatan mungkin tertarik dengan kapasitas penyimpanan suatu mobil.  Sedangkan ayah dengan 3 anak kecil mungkin lebih peduli tentang fitur keselamatan mobil itu.

 

TIPS CARA PROSPEK AGAR CEPAT CLOSING

Menyesuaikan prospek  untuk pelanggan yang berbeda bukan berarti harus berbohong tentang dirimu ata produkmu. Kalau kamu orang tang ceria, bersikaplah ceria. Jangan memaksakan dirimu berubah. kalau seorang pelanggan tidak suka dengan keunikanmu pribadimu, mungkin mereka bukan pelanggan yang tepat.

Kemungkinan besar kamu tidak punya banyak informasi tentang tiap pelanggan. jadi bertanyalah ke mereka.

Tapi jangan melakukannya seperti interogasi. buat pendekatan personal, dan lakukan pembicaraan dengan akrab.

1. Buat mereka merasa nyaman dan dihargai,

tunjukan kalau kamu ingin tahu tentang mereka. Cari tahu bagaimana produk/jasamu bisa membantu kebutuhan mereka.

Setelah siap melakukan prospek , lakukan dengan sederhana. kamu mungkin paham semua istilah teknis terkait bisnismu, tapi orang lain belum tentu.

Semakin mudah penjelasanmu dimengerti pelanggan, semakin mudah untuk mereka membuat keputusan. Jangan sampai mereka sulit memahami kelebihan produk/jasamu. Lakukan semuanya sesingkat mungkin.

2. Jangan sembunyikan apa pun.

Beri penjelasan tentang produk/jasamu apa adanya tanpa melebih-lebihkan. Jelaskan keunikan produk/jasamu dan kepada hal itu sesuai untuk mereka.

3. Hindari menyombongkan produk dan jasamu.

Sampaikan saja sebagai sebuah bentuk informasi.Boleh saja membandingkan kelebihan kompetitor dengan kelebihanmu. Tapi usahakan tidak mengkritik atau menghina kompetitor. Jadikan ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan keunikan dan kelebihan produk/jasamu.

Contohnya, hindari berkata, “Rasa produk yoghurt kami paling enak, produk lain rasanya hambar.” Tapi kamu bisa berkata “Produk kompetitor kami memang lebih murah, tapi kesegaran yoghurt kami membuat anak-anak juga menyukainya.”

Walaupun sudah prospek dengan hebat, pasti ada pelanggan yang tetap ragu.

5. Bersiaplah menghadapinya.

Pelajari pertanyaan atau keraguan yang biasanya dirasakan pelanggan ketika akan membeli produk/jasamu, dan buat rencana untuk menghilangkan keraguan tersebut.

6. Beri bukti kalau nilai, kelebihan, atau kualitas produk/jasamu membuatnya pantas untuk mereka beli.

Orang juga cenderung takut membeli kalau suatu produk/jasa berharga mahal. Jadi siapkan perincian harga jadi mereka paham kepada produk/jasamu berharga tinggi. Terutama kalau harganya lebih mahal dibandingkan kompetitor

TIPS CARA PROSPEK AGAR CEPAT CLOSING

Keberhasilan prospek  tergantung pada persiapan. Kalau kamu berhasil menarik perhatian, mengatasi masalah, dan mendengar pendapat pelanggan, penjualan jadi mudah dilakukan. kalau prosesnya terasa tidak nyaman, berarti persiapanmu harus lebih baik

walau berhasil melakukan penjualan, tugasmu masih belum selesai. kamu harus terus melakukan tindak lanjut.

Pastikan kamu mendapat info dari pelanggan yang kan membantumu melakukan tindak lanjut, misalnya meminta pelanggan berlangganan buletin atau mengirim informasi promo lewat email.

Pastikan setiap kali kamu menghubungi pelanggan. kamu memberi mereka informasi yang berguna dan sesuai, bukan mendesak mereka melakukan pembelian kembali.

LAKUKAN SEKARANG

Perlu banyak persiapan untuk berhasil melakukan prospek . Kami akan membantu kamu memutuskan apa kamu sudah siap melakukannya atau masih perlu merencanakan lagi.

EVALUASI PERSIAPAN PROSPEK

  • Kamu Sudah tahu seperti apa kepribadian bisnismu ?
  • Apakah kamu tahu perbedaan dan kelebihan produk/jasamu dibandingkan kompetitor ?
  • Bisakah kamu dengan cepat menggambarkan produk/jasamu dan kelebihannya dengan sederhana dan mudah dipahami ?

Bagikan jika bermanfaat..

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Ropiudin Yahya
Ropiudin Yahya
Hi, Nama Saya Ropiudin Yahya, Biasa Dipanggil Opick, Seorang Web Desainer atau perancang situs website sekaligus CEO dari Mataram Web, Layanan Kami meliput Pembuatan Website, Landing Page, Konten Kreator, serta semua yang terkait dengan Digital marketing, Hubungi kami untuk solusi pembuatan website dan online marketing Anda.

Artikel Lainnya Yang Mungkin Anda Suka !

Scroll to Top