Tips Sebelum MenDesain Sebuah Logo Profesional

logo desain
Mataram Web | Jasa Pembuatan Website

Yang ingin membuat logo mari melihat artikel ini, insyaallah bermanfaat buat anda.
Sebelum saya menjelaskan tentang jenis logo dan tips pembuatan logo yang baik dan menarik saya akan menjelaskan logo dengan bahasa saya sendiri. Logo adalah garda terdepan yang akan mewakili Anda, ketika ada event misalnya, pihak sponsor tidak perlu hadir sebagai bentuk dukungan terhadap event tersebut, namun cukup logonya saja yang mejeng disana, ketika berkirim surat, menyertakan logo di kop surat akan membuat orang merasa lebih percaya terhadap isi surat, dan banyak implementasi lain.
Logo adalah identitas merek, dan bahkan terkadang logo lebih dikenal dibandingkan dengan nama mereknya itu sendiri. Begitulah pentingnya sebuah logo, jadi penting sekali untuk memiliki sebuah logo untuk usaha Anda, dan tentu akan lebih bagus jika logonya dibuat dan dirancang sebaik mungkin.

Tips Mendesain Logo – Mungkin sekilas sangat sederhana dan kedengarannya mudah, namun sebenarnya tidak, ada tantangan tersendiri dalam membuat logo, karena membuat logo yang baik harus mempertimbangkan banyak hal juga. Sama seperti iklan, logo memerlukan ide serta konsep yang dapat menarik perhatian pelanggan. Makanya cara mendesain logo tidak memakan waktu yang pendek.

Jenis logo

Sebelum saya menjelaskan tetang tips mendesain logo yang baik, mari mengisi beberapa waktu untuk menentukan apa logo yang akan anda buat. Logo ini pada dasarnya merupakan simbol yang membantu mengidentifikasi dan mempromosikan bisnis, produk, organisasi, dll.

Logo datang dalam tiga bentuk dasar:

simbol abstrak,

misalnya Nike swoosh, Mataram Web, dan Travel.
simbol ilustrasi yang menunjukkan persis apa yang dilakukan perusahaan, misalnya penyedot debu untuk membersihkan rumah Layanan
Berbasis font logo, misalnya Coca Cola
Kebanyakan perusahaan yang menggunakan simbol abstrak atau ilustrasi cenderung menggabungkan simbol pilihan mereka dengan logo berbasis font yang membuat logo mereka lebih mudah untuk diingat, terutama di hari-hari awal sebelum logo mereka menjadi dikenali sendiri.
Jadi sekarang aku akan membunuh dua burung dengan satu batu. Aku akan memberimu contoh logo terbaik saya untuk membuat tips dengan contoh desain logo yang baik dan menarik pelanggan. By the way, tips desain logo ini berlaku untuk semua jenis logo dan semua jenis bisnis, produk, dan organisasi-organisasi yang akan menggunakan logo-logo.
Untuk Anda yang sedang membuat logo atau sedang belajar membuat logo, pahamilah beberapa poin berikut ini ketika membuat logo.

1.Pelajari Apa itu Logo dan Logo Apa Yang Ingin di Buat

Sebelum Anda mendesain logo, Anda harus mengerti apa itu logo, apa yang digambarkannya, dan tujuannya. Logo bukan hanya tanda, sebuah logo menggambarkan merek iklan bisnis melalui penggunaan bentuk, tulisan, warna dan / atau gambar.

2. Tahu Dasar-Dasar Logo yang Efektif

5 perinsip yang efektik untuk mendesai logo:

  • Simple
  • Memorable
  • Timeless
  • Versatile
  • Appropriate

Dengan mengetahui tujuan logo dan apa yang digambarkannya, sekarang Anda harus belajar apa yang membuat sebuah logo menjadi bagus, atau aturan dasar dan prinsip-prinsip cara mendesain logo efektif.

A. Logo harus sederhana

Sebuah logo tidak sebagai alat uji keterampilan tipografi dan kemampuan Anda dalam membuat ilustrasi yang keren. Melainkan lebih pada tes presentasi akal Anda serta wawasan desain. Desain logo yang sederhana dapat mudah dikenali, serbaguna, dan diingat. Logo bagus menonjolkan sesuatu yang tak disangka atau unik tanpa harus berlebihan.

B. Logo harus mudah diingat
Selain prinsip kesederhanaan,

daya ingat juga penting. Desain logo efektif harus mudah diingat. Hal ini dapat dicapai dengan memiliki logo sederhana namun sesuai.

C. Logo harus bertahan lama

Logo efektif harus bertahan lama. Akankah logo tersebut masih tetap efektif dalam 10, 20, 50 tahun ke depan.

D. Logo harus serbaguna

Logo yang baik harus bisa serbaguna, fleksibilitasnya untuk digunakan pada kegiatan apapun dalam berbagi medium dan aplikasi akan membuat logo mudah populer. Untuk alasan ini, logo seharusnya didesain dalam format vector, supaya ukurannya dapat di ubah-ubah. Logo juga harus terdiri dari satu warna saja jika tidak ingin menggunakan banyak warna untuk memiliki kualitas khas tersendiri.

E. Logo harus sesuai

Cara Anda menempatkan logo harus sesuai dengan tujuannya. Gunakan warna, font dan grafik yang mencerminkan citra perusahaan Anda untuk menyampaikan yang Anda inginkan. Anda memastikan bahwa logo Anda relevan ketika penonton memberikan ide yang baik dari apa bisnis Anda adalah semua tentang perusahaan, Contohnya, bila Anda mendesain logo untuk toko mainan anak-anak, font dan warna bertema anak-anak akan menjadi pilihan bagus. Sebaliknya, mereka tidak akan cocok untuk perusahaan hukum.

F. Pilih Warna Anda Dengan Bijaksana

Warna memainkan peran besar dalam desain logo yang bagus. Ini menangkap mata, membangkitkan emosi, dan menyampaikan pesan. Jadi, sangat penting untuk berpikir tentang apa yang Anda ingin berkomunikasi dengan warna-warna yang dipilih saat datang dengan ide-ide desain logo Anda. Berikut adalah contoh dari warna yang bekerja sama dengan baik

3. Belajar dari Kesuksesan dan Kegagalan Orang Lain

Logo sukses
Dengan Anda tahu aturan-aturan dasar dalam cara mendesain logo, Anda bisa membedakan antara logo bagus dan buruk… Dengan mengetahui logo-logo apa saja yang sukses dan kenapa mereka sukses, memberikan kita wawasan apa yang membuat logo menjadi sukses.
Contohnya, lihatlah Nike Swoosh klasik. Logo itu dibuat oleh Caroline Davidson tahun 1971 seharga hanya $35, namun sampai sekarang tetap bertahan, mudah diingat, efektif walau tanpa warna, dan mudah diubah-ubah ukurannya. Kecepatan dan kesederhanaan dapat dicerminkan lewat sayap pada patung Nike, Dewi kemenangan Yunani – sesuatu yang pas untuk iklan pakaian olahraga. Nike adalah satu dari sekian banyak logo sukses. Mungkin Anda bisa mencari tahu logo-logo sukses apa yang lain dan apa yang membuat mereka sukses.
Logo yang Tidak Begitu Sukses
Kita juga dapat mempelajari logo-logo yang tidak begitu sukses, seperti logo-logo ini. Dalam posting di link, beberapa logo dapat menggambarkan hal-hal yang tidak terlihat bagi desainer, atau mereka memang memiliki desain yang buruk.

4.Keunikan(Ciri khas tersendiri)

Sesuatu yang sering diucapkan ketika membuat sebuah logo namun jarang diimplementasikan adalah keunikan.
Bagaimana logo bisa muncul menjadi identitas merek ternama?
Jawabannya adalah hanya dengan menjadi unik. Banyak orang meniru logo yang sudah ada, mencari inspirasi dari logo yang sudah ada akan membuat logo yang sebenarnya mirip dan kurang unik.
Lihat lagi logo Apple, ini adalah contoh sederhana untuk poin ini. Apel sebagai buah dapat digunakan untuk asosiasi merek seperti nutrisi, alamiah, sehat, merah sempurna dan bebas dari bahan kimia. Namun apa yang unik tentang hal ini. Hanya dengan menggigitnya, sekarang jadi benar-benar berbeda. Hanya dengan sedikit perubahan tersebut, bisa mengubah apel dari simbol yang membosankan menjadi sesuatu hal yang benar-benar baru dan sekarang simbol buah yang mestinya lebih pantas untuk merek produk-produk buah alami, bernutrisi dan kesehatan tersebut telah menjadi representasi dari sebuah perusahaan teknologi ternama di dunia. Itulah keunikan yang biasanya hanya bisa muncul dari cara berfikir yang out of the box, butuh kreativitas dan sedikit inovasi.

5. Dinamis

Entah itu hanya teks tulisan atau logo kustom yang profesional, kemampuan adaptasi dan fleksibilitas sangat membantu untuk kesuksesan Anda. Dengan kata lain, harus dinamis dan tidak statis. Kekakuan dalam desain logo tidak akan mendapatkan tempat untuk inovasi bahkan peningkatan lainnya.

6. Bermakna/ Memiliki Filosofi

Harus ada cerita dibalik setiap logo. Melihat logo sebagai sebuah pola garis belaka atau teks atau karya seni, tidak akan pernah membawa Anda untuk mengungkap makna terdalam dibaliknya. Idealnya, sebuah logo yang sempurna harus menceritakan dua kisah, satu yang jelas dan satu lagi yang tersembunyi.
Biasanya klien minta logo yang tak terpikarkan dan keren. Ini tidak seperti superhero. Anda perlu menunjukan bahwa logo klien bukan hanya sebuah karya seni yang dangkal melainkan memiliki beberapa pemikiran yang cukup dalam dan juga konsep yang rinci, klien akan benar-benar menyukainya bahkan jika itu hanya sesuatu yang sederhana.
Misalnya logo Toyota yang bukan hanya 3 oval yang berbeda yang membentuk huruf “T”. Seperti yang disebutkan oleh Toyota, masing-masing oval memiliki artinya sendiri. Oval yang tumpang tindih ditengah mewakili kepercayan dan keyakinan antara pelanggan dan perusahaan, sedangkan oval yang mengelilingi diluar adalah untuk ekspansi global Toyota. Ruang negatif yang melengkapi oval mengungkapkan jangkauan tak terbatas perusahaan dan secara keseluruhan logo, disatukan semuanya sebagai refleksi dari roda kemudi yang membuatnya sangat relevan untuk industri roda.

7. Rancang Proses Cara Mendesain Logo Anda

Sekarang Anda tahu apa itu logo, prinsip, aturan, dan apa yang membuat logo sukses. Sekarang Anda bisa langsung memulai proses desain. Ini adalah langkah tersulit dari 5 langkah-langkah. Proses desain logo setiap orang berbeda. Pengalaman biasanya adalah faktor kunci dalam menciptakan proses desain Anda.

Refrensi

  • https://business.tutsplus.com/id/tutorials/logo-design-tips-guidelines–cms-32308
  • https://www.jurnalweb.com/tips-cara-membuat-logo/
  • https://blog.sribu.com/id/5-tips-mendesain-logo/
  • https://piratto.com/12-tips-dan-panduan-dalam-membuat-logo/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top