partial view of designer using laptop near gadgets, website design template and green plant on beige

4 Cara Cari Ide Konten Instagram Yang Tidak Habis Habis

Bingung cari Cari Ide Konten Instagram, Youtube, Tik Tok, dll.? terutama kalo belum punya tim. Sebenarnya tim di butuhkan bukan untuk memikirkan ide-ide konten yang akan di bagikan, tim gunanya untuk mengeksekusi ide2 konten yang ada. Kebanyakan konten creator seharusnya tau bagaimana memunculkan ide-ide konten karna mereka tiap harinya harus mebagikan konten yang mereka punya, hal itu akan aneh jika konten creator tidak pernah membagikan  ide-ide konten tiap harinya.

Jika anda sedang kebingungan  untuk mebagikan konten untuk hari ini atau besok, anda harus memulai dari empat pertanyaan berikut ini. Sebelumnya siapkan kertas terlebih dahulu.

Kenali Apa Tujuan Anda Membuat Konten

Cari Ide Konten Instagram | Dalam membuat konten, tentu anda setuju bahwa kontent tersebut tidak melulu tentang promosi produk anda, akan tetapi dalam membuat sebuah kontent kita sebaiknya selang seling dengan berbagai macam informasi menarik yang akan membuat pengikut kita betah dengan apa yang kita bagi di sosial media kita.

Dalam Internet marketing, biasanya dalam penyajian kontent harus dibarengi dengan informasi yang dibutuhkan oleh calon konsumen kita, atau bahkan ada sebagian internet marketing membagikan yang jauh dari apa tujuan marketingnya, asal si pengikut kita betah dengan apa yang kita sajikan.

Mungkin saja anda menggunakan 3 kali kirim artikel yang bermamfaat dan 2 kali kirim konten promosi, nah sayang nya apa saja tuh artikel yang akan dikrim agar konten yang disajikan bisa membuat follower, atau pengikut kita betah ?

Berikut adalah Cara Cari Ide Konten Instagram dll dengan Mudah

1. Kira-kira market kita itu, apa saja yang dilakukan.?

 

Cari Ide Konten Instagram | Misalnya market kita itu adalah personal seseorang siapa saja, jadi setelah itu kira-kira kita harus tau apa saja yang dilakukan mulai dari bangun tidur sampe tidur lagi. Setelah tau apa yang dilakukan maka sebaiknya anda membuat main map yang berisi tulisan kegiatan apa saja yang dilakukan market kita. Dengan menulis itu kita dengan mudah menyusun angle dalam membuat ide konten nanti. Metode ini bisa disebut Metode Daily Activitie.

Contohnya : Jika target kita adalah seorang wanita muda, dan kita menjual skincare, kita bisa membuat konten video wanita dari baru bangun,

Wanita cantik itu bisa dilihat dari saat bangun tidurnya lho, jadi kalo mau tetap terlihat cantik saat bangun tidur, pake skincare A..

2. Apa keinginan market kita?

 

Kembali, misal market kita yaitu personal seseorang yang menjadi ide konten. Kita harus mencoba tau apa keinginan market tersebut. Kita list apa aja keinginan market kita sehingga tau apa saja keinginan market kita.

Anda bisa menjadwalkan postingan yang terbaik dengan keinginan dari calon client kita setiap hari,

3. Apa yang market kita takuti?

 

Cari Ide Konten Instagram | Setelah itu sebaliknya jika kita tau keinginan mereka kita juga harus tau apa yang mereka takuti. Jadi dengan mengetahui apa yang merekan ingikan dan apa yang mereka takuti kita dengan mudah menentukan ide konten apa yang cocok dengan apa yang ingin jual di market kita.

Hal ini tentu sangat bagus juga untuk merangsang calon konsumen, sebagai konten yang bisa meng hipnotis calon pembeli kita.

4. Apa yang competitor bicarakan?

 

Cari Ide Konten Instagram | Jadi kalian melihat apa yang dilakukan olek competitor lalu lakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi) tapi dengan hasil yang lebih baik dari pada competitor yang lain. Karna dengan Mengamati kita tahu seperti apa pasaran market yang di butuhkan lalu kita bisa Tiru apa yang dilakukan competitor kita, bukan berrti kita menjiplak secara menyeluruh ide konten mereka tapi tau apa saja yang harus di tampilkan di konten yang kita punya. Setelah meniru kita modifikasi konten yang telah kita amati dari competitor.

Dengan melakukan hal yang diatas ide konten tidak bakal ada habisnya, karana ide konten itu tibul dari pertanyaan keresahan anda. Jadi intinya jika ingin membuat konten itu jangan banyak alasan dan langsung mulai dari empat pertanyaan di atas.

5. Follow Akun Sejenis

 

Untuk mendapatkan ide sebuah kontent memang tidak mudah, selain dari beberapa cara ditas kita juga bisa mengikuti akun sejenis, contoh, pada saat ini anda menjual skincare, jadi tidak salah jika anda men follow beberapa akun penjualan skincare yang sama, jika mereka memposting sebuah konten yang anda anggap menarik, anda bisa melakukan nya juga dengan memodifikasi sedikit dari apa yang mereka lakukan, hal ini sah sah saja asal anda jagan mengambil konten mereka untuk anda upload di Instagram anda.

6. Konten Terkait

 

Apa yang dimasuk dengan konten terkait, jadi disini kita tidak perlu selalu memposting tentang kelebihan produk kita, keunggulan produk dll yang sifatnya hard selling, tetapi kita juga bisa melakukan promosi yang sifatnya soft selling, yaitu promosi secara tidak lansung.

Sebuah contoh, Mataram Web adalah salah satu jasa pembuatan website yang ada di kota mataram, dimana target saya adalah audiance yang memiliki bisnis, atau seorang pengusaha yang harapannya nanti akan membuat website di mataram web.

Jadi postingannya adalah bisa berupa tips tips bisnis, seputar edukasi bisnis, dll, walaupun itu tidak  secara lansung melakukan promosi terhadap jasa kita, tetapi setelah mereka mengenatahui sklill dan brand kita, maka kedepan mereka akan mengingat kita disaat mereka membutuhkan jasa pembuatan website.

7. Memanfaatkan Event dan Moment

 

Yang dimaksud dengan memanfaatkan ivent adalah, tentu kita sering mendapatkan ucapan selamat lebaran di disaat idul fitri, selamat natalan, selamat tahun baru, hari sumpah pemudah, hari ibu, hari buruh dll. jadi semua kita harus membuat postingan seuai pada event atau tanggal dimana event itu berlansung.

Kenapa ivent konten ini perlu, karna ini merupakan postingan yang akan menunjukkan bahwa anda eksis , bisnis anda eksis , sehingga calon konsumen yang ingin menggunakan atau membeli produk anda, mengenatahui bahwa usaha Anda berjalan dengan baik, karna terkandang calon konsumen akan merasa ragu jika konten update tan terakhir anda 3 tahun yang lalu dan sampai saat ini belum di update.

Sehingga dengan memanfaatkan event yang sedang berlansung, anda sudah menunjukkan bahwa anda masih eksis dan siap melayani calon konsumen Anda.

Tips Stok Konten Instagram

 

Dalam membuat konten event, kita sering sekali dadakan dalam membuat kartu ucapan selamat hari hari besar di postingan IG kita, untuk itu, anda bisa mencari daftar hari besar, atau daftar perayaan hari besar di Indonesia atau dunia, mulailah anda membuat semua konten tersebut dalam 1 waktu bersamaan, tau anda bisa menggunakan jasa pembuatan konten untuk menggarap semua konten request anda dalam waktu bersamaan.

Setelah itu, anda tinggal simpan konten tersebut ditempat yang aman seperti google drive atau onedrive, sehingga anda bisa mengambil nya kapan disaat konten itu dibutuhkan, kenapa demikian, karna kita sering kali terburu buru membuat konten event, atau kadang sedang sibuk pada saat ivent itu berlansung sehingga kita kadang malas, atau lupa untuk membuatnya, jadi saran nya adalah silahkan buat semua konten tersebut dalam 1 waktu, sehingga anda mudah untuk menggunakannya disaat konten itu dibutuhkan.

 

Promosi Landing Page Iklan

Cari Ide Konten Instagram | Nah, jika sosial media Anda sudah tersusun rapi, dan saatnya Anda membuat Iklan, dan membutuhkan Landing Page sebagai media Infomasi Iklan Anda, Kami dari Mataram Web siap membantu anda dalam Jasa Pembuatan Landing Page yang profesional dengan Harga Murah.

Silahkan Klik Banner Berikut Untuk Informasi Lebih Lengkapnya.

 

Bagikan jika bermanfaat..

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Ropiudin Yahya
Ropiudin Yahya
Hi, Nama Saya Ropiudin Yahya, Biasa Dipanggil Opick, Seorang Web Desainer atau perancang situs website sekaligus CEO dari Mataram Web, Layanan Kami meliput Pembuatan Website, Landing Page, Konten Kreator, serta semua yang terkait dengan Digital marketing, Hubungi kami untuk solusi pembuatan website dan online marketing Anda.

Artikel Lainnya Yang Mungkin Anda Suka !

Scroll to Top