cara menarik perhatian calon pelanggan

5 Cara Menarik Perhatian Pelanggan Dengan Pemasaran Visual

5 Cara Menarik Perhatian Pelanggan Dengan Pemasaran Visual

ABSTRAK

Visual bisa menyampaikan banyak informasi dalam waktu singkat. Pemasaran visual membantu target pelanggan memahami merekmu dengan cepat. Dengan menampilan visual  keaslian, memikat indera, mewakili karakter, dan relevansi adalah cara bagaimana visual itu terlhat menarik.

Adapun juga visualisasi data menjelaskan ide kompleks dengan cara yang menarik melalui gambar dan cerita. Dengan menampilkan informasi secara nyata, semakin banak orang yang akan terhubung dan memberi masukan. Visualisasi data yang mudah dibagikan dapat membantu memaskarkan dan menarik minat tentang bisnis.

cara menarik perhatian calon pelanggan

PENDAHULUAN

Pemasaran visual atau yang biasa dikenal dengan istilah pemasaran visual merupakan suatu cara mengomunikasikan brand atau produk menggunakan gambar, video atau media visual lainnya. Visual marketing dapat dipergunakan untuk membangun koneksi dan pendekatan emosional dengan para pelanggan secara lebih personal, lebih interaktif, dan pada akhirnya akan membantu mengarahkan penjualan.

Kekuatan visual akan membuat pemasaran produk lebih kuat dan lebih berkesan. Serta dapat mengubah hal-hal tidak berwujud menjadi sesuatu yang konkret, membantu orang dalam membayangkan pesan Anda dan brand atau produk dalam pikiran mereka.

PEMBAHASAN  Cara Menarik Perhatian Pelanggan

  1. Apa itu pemasaran visual

Pemasaran visual adalah suatu cara mengkomunikasikan brand atau produk dengan menggunakan gambar, video atau media visual lainnya. Hal ini bekerja dengan menggunakan konten visual yang diciptakan untuk membentuk identitas merek.

  1. Bagaimana agar pemasaran visual terlihat menarik ?

  • Keaslian gambar

Citra merek harus sesuai dengan prinsip perusahaan. Untuk terlihat asli, gambar harus sejalan dengan target  pelanggan, misi dan suara merekmu, dan fitur yang membuat merekmu berbeda. Selain itu, menampilkan gambar yang didesign pelanggan dan penggemar.

Konten berbasis pengguna akan membantu membuat hubungan dengan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan agensi khusus. Pelajari respon pelanggan terhadap gambar yang ditampilkan. Hal yang harus diperhatikan juga adalah gambar tersebuat bisa dirasa sangat asli oleh para pelanggan.

  • Memikat indera

Setiap hari, orang melihat foto secara oline di ponselnya. Begitupun juga gambar yang akan ditampilkan harus terlihat menonjol dan membuat pelanggan merasa menyentuh, mendengar, mencicip, dan merasa terlibat dalam adegan yang ditampilkan. Gambar dengan resolusi tinggi dan kaya detail akan mengunggah emosi orang, dan ini akan membantu meningkatkan pengenalan dan kedekatan dengan merekmu.

  • Menggambarkan karakter

Lalu bagaimana jika gambar resolusi tinggi dan menyentuh perasaan itu terlihat aneh atau jele dimata pelanggan? Menampilkan penggambaran karakter pada gambar akan membantu menyampaikan cerita dan membuat orang terhubung. Penggambaran karakter mewakili karakter yang dikenal dan berhubungan dengan pelanggan.

Contohnya seperti : Pengasuh, Pelawak, Kekasih, Penjahat, Petualang, Pencipta, Pesulap, Pahlawan, Orang bijak, Penguasa, Si Lugu, Orang biasa dan lain-lain. Ketika menampilkan suatu karakter, gambar itu segera menyampaikan kisah dari merek suatu produk/brand. Membuat kisah romantic dibalik merek dengan karakter kekasih atau kisah kebahagiaan dan keajaiban dengan karakter si lugu. Dalam memilih kakrakter pun ada hal yang perlu diketahui, diantaranya adalah :

  • Target pelanggan

Tipe karakter mana yang mewakili pelanggan dan tipe mana yang mereka harapkan mewakili diri mereka.

  • Konotasi

Kritik dan saran dari pelanggan juga lah penting. Karena karakter yang ditampilkan belum tentu sesuai menurut gambaran dari pelanggan.

  • Stereotip

Hindari karakter yang ketinggalan zaman dan jangan masukkan stereotip negative.

  • Relevan

Pemasaran visual harus selalu relevan dengan lokasi, budaya, minat, dan kepercayaan target pelanggan. Memberi foto sentuhan hal yang dikenal pelanggan, tampilan baju dan aksesoris yang pelanggan kenal. Sentuhan kecil seperti itu akan membantu menciptakan hubungan antara pemasaran dengan pelanggan. Memakai gambar untuk menunjukkan jika merek dari produk tersebut mendukung aksi yang diayikini para pelanggan, dan menunjukan kepedulian pada komunitas dan gaya hidup pelanggan.

Relevansi bisa menjadi cuckup sulit. Selera target pelanggan bisa berubah sangat cepat, jadi hal yang diharus dilakukan pantau terus semua perubahan. Kilas berita mungkin relevan dengan pelangganmu, tapi tidak tepat untuk pemasaranmu.

 

  1. Ubah Informasi menjadi Cerita dengan Visual Data

  • Apa itu visual data

Mengumpulkan data sama seperti bermain puzzle. Potongan-potongan kecil disatukan untuk menghasilkan satu gambar besar. Setelah pengumpulan data, mengidentifikasi trend dan ide komunikasi yang rumit dengan visualisasi data bisa lebih cepat. Singkatnya, memanfaatkan data untuk menampilkan cerita secara visual. Terkadang grafik dan data bisa sulit dipahami, seperti melihat lukisan abstrak. Disinilah peran visualiasi data.

  • Kelebihan visualisasi data dibandingkan menyampaikan data dengan cara lain

Bedanya adalah design, gambar, dan dengan penyampaian cerita membuat data lebih mudah dimengerti. Faktanya, otak kita terlatih untuk memproses gambar 60.000 kali lebih cepat disbanding teks. Daripada hanya mengandalkan ahli dan para analis untuk menjelaskan informasi kepada tim, visualisasi data akan membuat semua orang terlibat dan memungkinkan mereka untuk bertanya, menyampaikan pendapat dan memberi masukan. Selain akan memberdayakan tim, kamu juga bisa menggali ide-ide lebih dalam. Semakin para tim kerja memahami data, mereka akan semakin percaya diri mengerjakan tugasnya.

  • Bagaimana memakai visualisasi data untuk memasarkan bisnis

Selain perangkat yang bagus untuk menyampaikan informasi ke tim interval, visualisasi data juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnismu dengan mengubah data menjadi konten yang bisa dibagi. Rata-rata rentang perhatian seorang pelanggan adalah 8 detik, jadi memberi infomasi yang baru bisa sangat menantang. Visualisasi data membuat pelanggan memperhatikan lebih lama karena ada gambar menarik dan interaksi unik. Dengan mengemas informasi secara inovatif dan menampilkannya dalam blog dan media social, kamu bisa mendorong lebih banyak orang berinteraksi dengan perusahaan. Mereka bahkan akan membaginya bila dianggap menarik.

Sebagai contoh, bagaimana Lucidworks menjangkau dan membangun kredabilitas di antara komunitas pengembangan software dengan memakai visualisasi data. Lucidworks bekerjasama dengan agensi visualiasasi data, Column Five, untuk membuat peta AS interaktif, yang memudahkan pengembang software mencari kerja. Saah satu visualisasi menunjukkan jumlah dan kepadatan pengembang per Negara bagian, sementara yang lain menunjukkan gaji rata-rata per daerah.

Melalui peta yang telah dibuat, seorang pengembang/developer bisa dengan mudah melihat dimana kesempatan kerja yang paling baik. Tujuan mereka adalah menciptakan peta terikini. Jadi mereka meminta pengguna berkontribusi pada peta tersebut. Dalam waktu singkat, peta yang dikerjakan bersama itu telah menyebar di berbagai komunitas developer. Kesuksesan peta itu membantu Lucidworks membangun kesadaran akan merek mereka sebagai. Pemimpin di komunitas pengembangan software, menarik developer berbakat bergabung ke perusahaan mereka, dan mendatangkan pelanggan baru.

  1. Kelebihan dari visualisasi data

Kelebihan sekaligus tantangan dari visualisasi data adalah keunikan penyampaian ceritanya. Jadi bagaimana cara meyampaikan cerita yang baik? Pertama, tentukan apa yang ingin disampaikan. Jika mengumpulkan data untuk mencari tahu kenapa bisnisnya menjadi popular, lebih baik piker ulang. Visualisasi data bukan untuk menunjukkan hal umum, tapi menonjolkan suatu hubungan untuk menemukan tren.

Cara terbaik untuk menggunakan data adalah memperlakukan informasi seperti detektif menganalisa petunjuk. Kenali semua pelanggan, jika rekan kerja sangat tertariksoal tren perawatan wajah dengan teknologi canggih, bukan berarti para pelanggan juga tertarik. Visualisasi data harus disesuaikan dengan minat target pelanggan. Pikirkan bentuk komunikasinya agar terlihat menarik dan memberi pengaruh pada posisi merek atau bisnis. Yang per diingat bahwa kebenaran akan terlihat pada data. Jika tidak ada data, jangan membuat-buat alas an agar cocok dengan narasi yang dibuat.

  1. Design dan Bahasa

Pastikan design dan bahasa yang dipakai sesuai dengan pelanggan dan sesuai dengan data yang ada. Visualisasi yang baik memberi kesempatan bagi pelanggan meng klik data-data itu, agar mereka bisa melakukan investigasi lebih lanjut dan membuat pertanyaan sendiri. Jika tidak ada dana menyewa agensi untuk membuat visualisasi data, gunakan perangkat seoerti Piktochart, yang menyediakan contoh infografis secara online.

KESIMPULAN

Pemasaran visual merupakan suatu cara mengkomunikasikan brand atau produk dengan menggunakan gambar, video atau media visual lainnya dengan menggunakan konten visual yang diciptakan untuk membentuk identitas merek. Citra merek harus sesuai dengan prinsip perusahaan dengan menampilkan keaslian gambar, memikat indera, menggambarkan karakter, dan relevan adalah cara dan kunci agar pemasaran visual terlihat menarik.

Mengubah informasi menjadi visual data dengan  melalui proses  mengidentifikasi trend dan ide komunikasi yang rumit dengan visualisasi data dan mencari kelebihan visualisasi data dibandingkan menyampaikan data dengan cara lain, kemudian bagaimana memakai visualisasi data untuk memasarkan bisnis. Design dan bahasa pun diterapkan dalam visual data.

Bagikan jika bermanfaat..

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Ropiudin Yahya
Ropiudin Yahya
Hi, Nama Saya Ropiudin Yahya, Biasa Dipanggil Opick, Seorang Web Desainer atau perancang situs website sekaligus CEO dari Mataram Web, Layanan Kami meliput Pembuatan Website, Landing Page, Konten Kreator, serta semua yang terkait dengan Digital marketing, Hubungi kami untuk solusi pembuatan website dan online marketing Anda.

Artikel Lainnya Yang Mungkin Anda Suka !

Scroll to Top