Hallo sabahat mataram web, kali ini kita akan berbagai pengalaman penggunaan auto number pada postingan post type, dalam beberapa kasus kita membuat sebuah post ID, atau sejenis SKU pada post type, nah buat teman teman yang biasa membuat website menggunakan woocommerce mungkin sudah paham apa yang akan kita bahas.

Ok lanjut saja, postingan ini berpengalaman dari kasus yang saya hadapi dalam pembuatan website menggunakan wordpress, yaitu website property, dimana client meminta kami untuk membuat number otomatis yang akan dijadikan sebagai ID, atau nomor listing, atau ID listing, apapun istilahnya sepertinya teman teman sudah paham.

Ok kita lanjutkan, jadi kebutuhannya adalah setiap kali admin memposting sebuah property, maka secara otomatis akan tercipta sebuah kode unik yang menjadikannya sebagai penanda sebuah produk seperti layaknya SKU pada Woocommerce.

Setelah brosing, browsing ahkhirnya nemu sebuah skrip yang bisa kita tambahkan pada fungtions.php pada template wordpress kita.

Sebelum menambahkan kode tambahan pada fungtions.php sebaiknya teman teman membuat child themes terlebih dahulu, karna jika suatau saat jika teman teman meng update template yang teman instal agar kode penambahan yang sudah kita sisipkan tidak hilang.

Nah cara menambahkan child themes adalah cukup mudah, jika teman teman menggunakan template dari astra, teman teman bisa generate child themes dari astra di link ini. https://wpastra.com/child-theme-generator/

Jika, sudah, mulailah membuka fungtions.php pada child themes teman teman, kemudian tambahkan kode berikut :

				
					function add_unique_post_identifier( $post_id ) {

$listing_id = get_post_meta($post_id, 'listing_id', true);

// do nothing if post type is not 'post' or identifier is already set
if ('property' != get_post_type( ( $post_id ) ) || !empty($listing_id) )
    return;

    $generated_id = wp_rand();

    update_post_meta($post_id, 'listing_id', $generated_id);
}

// run when post is created or updated
add_action( 'save_post', 'add_unique_post_identifier' ); 

				
			

Nah cukup mudah kan, setelah itu jangan lupa di save,

Keterangan :

listing_id = nama field yang kita buat di costum post type

Teman teman bisa tambahkan sesuai dengan nama field yang teman teman buat.

Listing ID : akan akan di generate otomatis

post id otomatis post type
Keranjang Belanja
Scroll to Top