MataramWeb.com | Perkembangan teknologi website saat ini terus melaju pesat, terbukti dari banyaknya bermunculan teknologi teknologi yang semakin memanjakan user dalam meng akses sebuah webiste, kali ini mataram web diberi kesempatan Gratis untuk menimba ilmu baru dimana Kegitan ini di selenggarakan Oleh Tim Google Developer. dalam kesempatan ini berkaitan tentang teknologi website yaitu pengenalan mengenai Progressive Website Apps, Apakah itu ? istilah progresive Web ini muncul baru baru ini sekitar bulan juli 2017, kami kutip dari penjelasan mengenai PWA dari Google Developer adalah sebagai berikut :;

Apa itu Progressive Web App?

Progressive Web App adalah:

  • Progresif – Bekerja untuk setiap pengguna, apa pun pilihan browser mereka karena dibangun dengan peningkatan progresif sebagai konsep intinya.
  • Responsif – Cocok dengan setiap faktor bentuk: perangkat desktop, seluler, tablet, atau apa saja yang muncul berikutnya.
  • Konektivitas independen – Disempurnakan dengan service worker agar bisa bekerja offline atau pada jaringan berkualitas-rendah.
  • Seperti-Aplikasi – Terasa seperti sebuah aplikasi untuk pengguna dengan interaksi dan navigasi bergaya-aplikasi karena mereka dibangun di atas model shell aplikasi.
  • Segar – Selalu terkini berkat proses pembaruan service worker.
  • Aman – Disediakan melalui HTTPS untuk mencegah snooping dan memastikan materi belum dirusak.
  • Dapat ditemukan – Dapat diidentifikasi sebagai “aplikasi” berkat manifes W3C dan cakupan registrasi service worker, yang memungkinkan mesin telusur untuk menemukannya.
  • Bisa dilibatkan-kembali – Kemudahan untuk dilibatkan-kembali dengan fitur seperti pemberitahuan push.
  • Dapat dipasang – Memungkinkan pengguna untuk “menyimpan” aplikasi yang mereka anggap paling berguna di layar beranda tanpa kerumitan toko aplikasi.
  • Bisa ditautkan – Dapat dengan mudah dibagikan melalui URL, tidak memerlukan pemasangan yang rumit.

Ya.. jika boleh saya definisikan sendiri Progressive Web Apps ini adalah salah satu teknologi yang memungkinkan website kita mirip seperti sebuah aplikasi android, dimana website kita bisa ditambah ke layar depan atau home screen handphone, dengan tampilan layaknya sebuah aplikasi, bisa bekerja seara offline, lebih cepat, aman dan bisa melakukan push notifikasi layaknya sebuah aplikasi.

So, kita tidak perlu membayar lebih untuk membuat website kita berbasis aplikasi, cukup dengan system Progressive Web Apps ini kita sudah bisa merasakan website kita seperti aplikasi yang terinstal di handphone kita.

Btw, dari hasil training tersebut yang diadakan pada tanggal 19-20 Desember di hotel santika mataram,  kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30an Developer ( gak ngitung jumlahnya 😀 ) yang berlokasi di Lombok, dengar dengar cerita sebenarnya mataram gak kebagian jadwal atau tidak diperhitungkan oleh Google tetapi karna trainer dari inixindo Pak Ifik yang yang saat itu salah satu partner dari google yang dipercaya untuk melakukan trainer merekomendasikan Lombok sebagai lokasi terahir untuk kegiatan Traning Progressive Web ini ke Google karna beliau mengenal banyak developer yang ada di Lombok dan Alhamdulillah Ibu Natalia selaku dari Google yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut menyebut peserta tim developer dari Lombok ini orang orangnya berkesan, merupakan 2 dari tempat yang berkesan dari 9 lokasi yang pernah berjalan sebelumnya.

Teman teman developer mataram memberikan kesan baik dengan kegitan seperti ini, dan berharap kegitan serupa akan terus dilakukan di Lombok.